Dakwah  

6 Amalan Jaminan Syurga

Sumber Poto: Kibrispdr.org

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

بِسْمِ ٱللَّٰهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Mukaddimah

 

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ ، تَبَارَكَ الَّذِيْ جَعَلَ فِي السَّمَاءِ بُرُوْجًا وَجَعَلَ فِيْهَا سِرَاجًا وَقَمَرًا مُنِيْرًا. أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وأَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ ورَسُولُهُ

Jumansur.com-Sebelum kita lanjut pembahasan ini terlebih dahulu kita ucapan syukur yang tidak terkira karena nikmat Allah SWT yang begitu banyak di berikan kepada kita semua, salam shalwat kepada Nabi dan Rasul Allah yang tidak ada berhenti mengjarkan kepada kita ummatnya jalan kesalamatan dan akhirat. dalam uraian ini Insya Allah akan di bahas tentang 6 Amalan Jaminan Syurga

Hurup Latin: QALA RASULULLAH IDMANUULII SITTAA ADMANU LAKUMUL JANNAH:

Artinya: Rasulullah SAW bersabda: Berjanjilah kepadaku, bahwa kamu akan mengerjakan 6 amalan maka kamu masuk syurga;

1.USHDUQUU IZAA HADDASTTUM;

Artinya; Apabilah berbicara maka katakan yang benar. 

Jadi Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita bahwa kalau kita berbicara maka jujurlah maka surga balasannya, jujur atau benar itu adalah sumber ke utamaan, ini merupakan faktor menjadikan suatu masyarakat mencapai ke jayaan, karena tanpa kejujuran dan kebenaran masyarakat tidak akan dapat tegak, baik kecil maupun skala besar seperti suatu bangsa dan negara, karena begitu pentingnya kejujuran ini, Allah SWT berfirman dalam Al-qur'an surat Al-Ahzab; 70-71 sebagai berikut:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا . يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

Artinya: wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah serta katakanlah perkataan yang benar. niscaya Allah akan memperbaikimu dan amalan-amalanmu dan mengampunimu dari -dosamu. Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang sangat besar.(Q.S. Al-Ahzab; 70-71).

2. WA AUFUU IZTAA WA ‘ADTUM;

Artinya:Tepatilah apabila berjanji

Terkandang orang begitu mudahnya berjanji apa lagi kalau sangat memerlukan sesuatu dia tidak memikirkan terlebih dahulu lalu berjanji pada hal di kemudian hari apa yang perjanjikan tidak bisa di tepati karena kelalaiannya sendiri tidak berhati-hati dalam membuktikan janjinya, itulah sebabnya bagai orang yang mampu menjaga dan menepati janjinya maka jaminannya surga.

3. WA ‘ADDUU IZTAA'TUMINTUM;

Artinya: Tunaikan bila mendapat amanah dari orang

Tidak semua orang bisa di beri suatau kepercayaan untuk di beri amanah dalam menjaga, memelihara atau menggunakan suatu barang, karena sangat susah untuk dijaga, sama hal dengan di amanahkan berupa jabatan tertentu, tidak sedikit mereka tidak mampu menjaga amanah hingga berhianat, maka pantas kalau orang mampu menjaga amanah di jamin balasannya surga.

4. WAHFUZHUU FURUUJAKUM;

Artinya: Jagalah kehormatanmu

Jadi termasuk jaminan surga kalau orang tersebut mampu menjaga kehormatannya,karena begitu besar tapi mampu dia jaga kehormatannya maka pantas kalau mereka di beri balasan surga, semoga kita mampu menjaga dan bertobat akan menjauhinya. Berkaitan dengan ini Allah berfirman sebagai berikut:

وَالَّذِيْنَ هُمْ لِفُرُوْجِهِمْ حٰفِظُوْنَ  ۙ اِلَّا عَلٰٓى اَزْوَاجِهِمْ اَوْ مَا مَلَكَتْ اَيْمَانُهُمْ فَاِنَّهُمْ غَيْرُ مَلُوْمِيْنَۚ

Artinya: Dan orang yang memelihara kemaluannya, kecuali terhadap istri-istri mereka atau hamba sahaya yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka tidak tercela (Q.S.Al-Mu'minum: 5-6).

5. WAGUDDUU ABSHAARAKUM;

Artinya: Tundukkan pandanganmu

Panca indera berupa mata ini sangat sukar untuk di jaga dalam melihat pemdangan yang di larang oleh Allah SWT, oleh karena maka pantas kalau yang mampu menjaga padangannya adalah termasuk ummat yang di beri balasan surga. Sebagai mana firman Allah SWT sebagai berikut;

قُلْ لِّلْمُؤْمِنِيْنَ يَغُضُّوْا مِنْ اَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوْا فُرُوْجَهُمْۗ ذٰلِكَ اَزْكٰى لَهُمْۗ اِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌۢ بِمَا يَصْنَعُوْنَ

Artinya: Katakanlah kepada yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu, lebih suci bagi mereka. Sungguh, Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.(Q.S. An-Nur: 30).

6. WAKUFFUU AIDIYAKUM;

Artinya: Hentikanlah lancang tanganmu

Jadi kalau kita mampu menjaga agar tangan kita terpelihara dari mengambil atau mencuri barang orang lain maka Rasulullah besabda bahwa orang tersebut akan masuk kedalam surga, oleh karena itu mari kita menjaga agar orang lain merasa aman di tangan kita.

Demikian Pembahasan ini semoga kita termasuk penghuni surga karana menjalankan amalan-amalan tersebut, Wallahu Wa'lam Bissawaf. Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hormat Kami

 

Jumansur, S. Pd.I