Dakwah  

Nikmatnya Menjadi Orang Bersyukur

Cara menjadi orang bersyukur
Nikmatnya menjadi orang bersyukur (Source Images: Pixabay)

Jumansur.com – Betapa nikmatnya menjadi orang . Tahukah bahwa syukur akan mengantarkan seseorang pada hidup yang lebih dan tidak mudah stress. Jika ujian datang melanda dia akan bersabar dan ketika nikmat datang dia akan bersyukur.

Hakikat Sebuah Kata Syukur

Dalam Majmu' Fatawa 14/304, Tafsir as-Sa'di 4/204 menyebutkan bahwa hakikat syukur adalah nampaknya nikmat Allah Subhanallahu Wa Taala kepada seseorang berbentuk pujian dalam lisan, pengakuan dalam hati dan ketundukan anggota badan.

Bisa kita buat kesimpulan bahwa syukur adalah sebuah ungkapan rasa atas nikmat yang Allah berikan kepada kita. Seperti nikmat iman dan Islam , , , jabatan dan lainnya.

Bagi seorang muslim sangat penting meyakini bahwa nikmat dan musibah adalah ujian dari Allah yang harus disyukuri. Bukankah nikmat yang banyak tanda Allah mencintai seseorang, sebaliknya musibah yang bertubi-tubi dapat menghapus dosa dan akan membuat seseorang bersabar sehingga mendapat pahala.

Seseorang Bersyukur

Tahukah bahwa syukur dan iman adalah satu kesatuan, sehingga bersyukur tidak pernah bisa lepas dari keimanan. Semakin kita bersyukur maka semakin besar pula keimanan kita. Cara bersyukur setiap muslim ada beberapa:

1. Syukur Hati

Syukur hati adalah hal terpenting yang harus dimiliki seseorang. Betapa ketika dirinya mendapatkan kenikmatan maka hatinya akan memuji Allah dan senantiasa berbaik sangka bahwa semua yang terjadi adalah atas kehendak Allah.

Dari sini kita bisa mengetahui cara bersyukur yang pertama adalah syukur hati. Hati kita senantiasa melantunkan tiada henti pada Allah azza wa jalla.

2. Syukur Lisan.

Syukur lisan adalah memuji dan menyanjung Allah dengan kecintaan, menampakkan dan menceritakan nikmat tersebut tanpa riya' dan sum'ah.

Rasulullah bersabda: “Allah ridha dengan seorang hamba yang jika memakan makanan ia memuji-Nya dan apabila ia minum ia memuji-Nya.” (HR. Ahmad 19/95, ash-Shahihah: 667).

Tetapi tentu saja syukur lisan tidak akan sempurna tanpa syukur hati dan anggota badan.

3. Syukur anggota badan.

Syukur dengan anggota badan bisa direalisasikan dengan memanfaatkan anggota badan untuk menaati Allah dan mendekatkan diri kepada-Nya dengan berbagai bentuk amalan yang dicintai-Nya.

Tapi banyak sekali dari kita yang bersyukur atas nikmat yang Allah berikan bisa karena disebabkan oleh lalai dari nikmat, tidak mengetahui hakikat nikmat dengan senantiasa melihat orang yang jauh diatasnya. Semoga kita tidak termasuk orang yang tidak bersyukur.

Nikmatnya Menjadi Orang Bersyukur

Cara agar senantiasa jadi orang bersyukur adalah dengan

1. Memperhatikan dan selalu ingat nikmat Allah, karena tidaklah satu detik dari kita kecuali berada dalam nikmat-Nya.

2. Senantiasa memohon kepada Allah agar dijadikan hamba Allah yang selalu bersyukur.

3. Ingatlah bahwa semua manusia nanti akan ditanya oleh Allah tentang nikmat yang telah diberikan kepada-nya. Apakah ia bersyukur?

4. Kita harus selalu ingat bahwa jika nikmat disyukuri akan bertambah dan akan hilang jika diingkari.

5. Selalu lihatlah ke bawah dalam urusan . Sekecil apapun nikmat diberikan Allah, maka yakinlah hal tersebut sebagai karunia dan dari Allah.

6. Belajarlah untuk saling mengingatkan tentang nikmat-nikmat Allah. Biasakan senantiasa menjadi pribadi yang saling mengingatkan diri untuk senantiasa bersyukur.

Prinsip seseorang muslim adalah ketika diberikan nikmat dirinya bersyukur dan ketika diberikan ujian/musibah dirinya bersabar.Hakikat ini jika dipraktikan maka seseorang akan memperoleh yang sebenarnya.

Masya Allah betapa nikmatnya menjadi orang yang bersyukur. Semoga Allah mudahkan kita jadi orang yang senantiasa dalam lisan syukur. Semoga bermanfaat.