Dakwah  

13 Ummat Tergolong Yang Terbaik Dalam Padangan Islam

sumber foto dari Youtube

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

بِسْمِ ٱللَّٰهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Mukaddimah

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ ، تَبَارَكَ الَّذِيْ جَعَلَ فِي السَّمَاءِ بُرُوْجًا وَجَعَلَ فِيْهَا سِرَاجًا وَقَمَرًا مُنِيْرًا. أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وأَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ ورَسُولُهُ

Jumansur.com-Mengawali pembahasan ini adalah ucapan sykur yang tidak terkira karena nikmat Allah SWT yang begitu banyak di berikan kepada kita semua, salam shalwat kepada Nabi dan Rasul Allah yang tidak ada berhenti mengjarkan kepada kita ummatnya jalan kesalamatan dunia dan akhirat. dalam uraian ini Insya Allah akan di bahas tentang 13 ummat dalam pandangan .

1. Ummat yang dan mengajarkan .

Jadi dihadapan Allah dan Rasul-Nya, mereka yang belajar Al-qur'an dan mengajarkannya adalah ummat yang tergolong yang terbaik, oleh karena pelajarilah Al-qur'an dan ajarkanlah terutama kepada keluarga terdekat dan kepada masyarakat luas pada umumnya,

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:,,,, خيركم من تعلم القرآن وعلمه :  صحيح البخاري

Artinya: Sabdah Rasulullah SAW, Sebaik-baik kamu semua adalah orang yang mempelajari Al Qur'an dan mengajarkannya.” (HR Bukhari nomor 5027 )

2. Ummat yang berakhlak baik. Rasulullah SAW bersabda:

Berakhlaqur karimah adalah tergolong ummat yang terbaik dalam pandangan Islam, akhlaq ini merupakan tercminan seorang dalam , juga berakhlaq baik akan membuat nilai ajaran agama akan terwujud.

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: …..   خياركم أحاسنكم أخلاقا : صحيح البخاري

Artinya: Sabdah Rasulullah ﷺ ,Sebaik-baik kamu semua adalah orang yang paling baik akhlaknya. (HR Bukhari,nomor. 6035)

3.Ummat yang menepati janji membayar utang.

Utang pitang adalah amanah dan bukti adanya kepercayaan satu sama lain, olehnya itu memberi piutang kepada sesorang sangatlah mudah yang biasa tersendak itu ketika hendah membayar utang, maka dari itu bagi ummat yang tepat janji dan membayar utang adalah golongan ummat yang terbaik, sebagaimana sabdah Rasulullah SAW sebagai berikut.

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: …..  خيركم أحسنكم قضاء (أي عند رد القرض): صحيح البخاري رقم

 Artinya: Sabdah Rasulullah SAW, Sebaik-baik kamu semua adalah orang yang paling baik dalam membayar (mengembalikan hutang).” (HR Bukhari 2305)

4. Ummat yang menebarkan keamanan dan kenyamanan.

Jadi ummat yang di tangannya ada keamanan dan membuat orang lain nyaman dengan keberadaannya maka di golongan ummat yang terbaik, selama tidak bertengan dengan maka kita wajib menjaga ke amanan dan situasi yang nyaman.

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ….. خيركم من يُرجى خيره ويُؤمٓن شره ;  صحيح الترمذي

Artinya: Sabdah Rasulullah SAW, Sebaik-baik anda semua adalah orang yang paling boleh diharapkan kebaikannya dan aman dari keburukannya. “ (HR Tirmidzi nomor, 2263)

5. Ummat yang baik terhadap keluarga.

Juga ummat yang berlaku baik kepada keluraganya termasuk golongan orang-orang yang baik, terutama suami terhadap istrinya sebaik-baik engkau ialah yang paling baik kepada istrimu, berkenaan ini Rasulullah SAW, bersabdah.

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ….. خيركم خيركم لأهله  ;  صحيح ابن حبان

 Artinya; Sabdah Rasulullah, Sebaik-baik anda semua adalah orang yang paling baik terhadap ahli keluarganya.” (HR Ibnu Hibban, nomor 4177)

6. Ummat yang senang berbagi makanan,

Jadi Bagi mereka yang senang berbagi dan membantu dengan memberi makanan maka termasuk orang yang tergolong ummat yang terbaik, sebagaimana sabdah Rasulullah SAW sebagai berikut:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:  خيركم من أطعم الطعام وردَّ السلام ;  صحيح الجامع

Artinya:Sabdah Rasulullah SAW,  Sebaik-baik kamu Semua adalah orang yang memberi makan (kepada orang lain) dan menjawab salam.” (Shahih al-Jami' 3318)

7. Ummat yang Senang menebar salam Kepada sesame

Jadi memberi salam kepada sesama adalah tergolong orang yang terbaik, jadi kalau ketemu, masuk , mau berpisah, hendaknya saling memberi salam, adab dalammemberi salam, yang berjalan memberi salam yang berdiri, berdiri memberi salam yang lagi duduk, yang muda kepada yang tua dan seterusnya. Sebagaimana Sabdah Rasulullah SAW.

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:  خيركم من أطعم الطعام وردَّ السلام  ;  صحيح الجامع

Artinya:Sabdah Rasulullah SAW,  Sebaik-baik kamu Semua adalah orang yang memberi makan (kepada orang lain) dan menjawab salam.” (Shahih al-Jāmi' nomor 3318)

8. Ummat yang mudah berbagi tempat saf dalam sholat.

Jadi Ketika sholat berjamaah ada jamaah yang lain tidak kebagian tempat saf apa entah terlambat atau sebabab lain kalau memberi ruang dan tempat saf dalam sholat maka tergolong ummat yang terbaik sebagaimana sabdah Rasulullah SAW, sebagai berikut:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: خياركم ألينُكم مناكب في الصلاة -الترغيب والترهيب : أي: يفسح لمن يدخل الصف في الصلاة

Artinya: Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik dalam meluaskan tempat dalam sholat. (Targhīb wa Tarhib nomor 1/234)

9. Ummat yang gemar berbuat kebajikan sepanjang hidupnya.

Jadi ummat yang gemar menebar kebaikan adalah tergolong ummat yang terbaik seperti sabdah Rasulullah SAW.

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: خير الناس من طال عمره وحسن عمله  -صحيح الجامع

Artinya: Sabdah Rasulullah SAW, Sebaik-baik manusia adalah orang yang panjang umurnya dan baik amal perbuatannya.” (Shahih al-Jami' nomor 3297)

10. Ummat yang senang berbuat manfaat Kepada sesama.

Jadi hamba Allah yang senang berbuat manfaat tergolong ummat yang terbaik, bermanfaat berarti melakukan hal-hal yang berguna dan membawa kebaikan kepada sesame, sebagaimana sabdah Rasulullah SAW sebagai berikut:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:   خير الناس أنفعهم للناس :  صحيح الجامع

Artinya: Sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain.” (Shahih al-Jami' nomor.3289)

11. Ummat yang baik terhadap sahabatnya.

Jadi kalau kita menjalin persahabatan kepada sesame dan menjalin persahabatan dengan cara baik dan saling mejaga dalam kebaikan maka tergolong ummat yang baik.

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:  خير الأصحاب عند الله خيركم لصاحبه  )صحيح الأدب المفرد

Sebaik-baik sahabat di sisi Allah adalah orang yang paling baik terhadap sahabatnya, (Shahīh Adabul Mufrod: nomor 84)

12. Ummat Yang Baik Kepada tetangga.

Jadi berbuat baik kepada tetangga adalah tergolong ummat yang terbaik, berbuat baik kepada tetangga seperti memperlakukan yang baik, berkata yang baik, hingga membantu berupa materi kalau mampu. Seperti sabdah Rasulullah SAW.

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:  وخير الجيران عند الله خيركم لجاره  -صحيح الأدب المفرد/84

Artinya: Sabdah Rasulullah SAW. Sebaik-baik tetangga di sisi Allah adalah orang yang paling baik terhadap tetangganya” (Shahih Adabul Mufrod,nomor 84)

13. Ummat yang amar ma'ruf dan nahi mungkar

Juga ummat yang mengajak kepada jalan yang di ridhoi oleh SWT dan mencegah melakukan kemunkaran atau perbuatan yang di murkai Allah SWT adalah tergolong ummat yang terbaik.

Demikianlah pembahasan ini semoga bernilai di sisi Allah SWT dan kita semua selamat di dunia dan akhirat, aamiin, aamiin, aamiin. Wallahu wa'lam bissawaf Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hormat kami

 

Jumansur, S. Pd.I