Dakwah  

Inilah Keutamaan Tauhid Yang Harus Dimiliki Setiap Muslim

Fadhillah Keutamaan Tauhid muslim
Keutamaan Tauhid (Source Images: prayerinislam.com)

Jumansur.comKeutamaan tauhid bagi seseorang sangatlah penting. Karena tugas utama kita di dunia ini adalah mentauhidkan Allah. Sebagaimana tercantum dalam QS Adz Dzariyat ayat 56 yang bermakna bahwa tidaklah Allah  menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada Allah semata.

Dari firman Allah tersebut sangat jelas bahwa sekali dari diciptakannya kita semua sebagai manusia yaitu agar kita beribadah kepada-Nya semata.

Sementara itu dalam QS Al Baqarah ayat 21 juga memperjelas akan hakikat yaitu

يَأَيُّهَا النَّاسُ اعْبُدُوا رَبكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ وَالَّذِينَ من قبلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ )

Wahai manusia, beribadahlah kepada Rabb mu yang telah menciptakanmu dan orang-orang sebelummu agar kamu bertaqwa.

Tauhid

Tauhid artinya meng-esakan Allah dalam keyakinan dan peribadatan.

1. Tauhid merupakan sekuat-kuat untuk senantiasa taat kepada Alloh

Orang yang bertauhid akan senantiasa beribadah kepada Allah di setiap saat dan tempat. Tidak seperti orang-orang yang ibadahnya diikuti dengan riya', dimana ia akan beribadah jika dilihat oleh orang lain.

Orang yang bertauhid akan sempurna imannya saat dia beribadah baik secara sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan.

2. Orang Bertauhid Dijamin Keamanan dan Petunjuk

Orang-orang yang bertauhid akan mendapatkan jaminan keamanan dan petunjuk di dunia dan akhirat oleh Allah.  Mereka akan aman dari segala keburukan yang dikhawatirkan akan menimpa. Dia juga akan mendapat petunjuk untuk memahami syari'at Allah dan mengamalkannya serta mereka akan mendapat petunjuk jalan menuju surga.

Janji ini Allah sampaikan dalam Surat Al An'am 82 dimana Allah akan memberikan keamanan dan petunjuk kepada hamba yang tidak mencampur adukkan antara iman dan kesyirikan.

3. Orang Bertauhid Sempurna akan Allah ampuni mereka

Orang yang bertauhid maka dirinya akan  meyakini dalam hati, diucapkan dengan lisan, dan dibuktikan dengan amalan badan maka secara tidak langsung amalan jeleknya akan diampuni oleh Allah dan dirinya akan Allah masukkan ke dalam surga.

4. Orang Bertauhid Dijauhkan dari api neraka

Bahkan Allah akan mencegah neraka agar tidak menimpa orang yang bertauhid yang hanya mengharap wajah Allah semata, yaitu yang dengan ikhlas mengamalkan tauhidnya.

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda:

فَإِنَّ اللَّهَ حَرَّمَ على النَّارِ من قَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ يَبْتَغِي

بِذَلِكَ وَجْهَ اللَّهِ

Sesungguhnya Allah akan mengharamkan neraka atas orang yang mengucapkan laa ilaaha illallah dengan ikhlas dan mengharapkan wajah Allah.” (HR. Bukhari: 1/154 dan : 1/455)

5. Keutamaan Tauhid Menghapus Sekalipun

Tauhid yang murni yang tidak tercampur dengan kesyirikan sedikit pun akan menghapuskan dosa-dosa sebesar dan sebanyak apapun.

Dalam sebuah Qudsi Rasullullah menyebutkan bahwa Allah berfirman:

يَا ابْنَ آدَمَ إِنَّكَ لَوْ أَتَيْتَنِي بِقُرَابِ الْأَرْضِ خَطَايَا ثُمَّ لَقِيتَنِي لا تشرك بي شَيْئًا لَاتَيْتُكَ بِقُرَاءهَا مَغْفِرَةً

Wahai anak Adam, sungguh seandainya kamu mendatangi-Ku (saat kematianmu) dengan membawa dosa- dosa sepenuh bumi lalu kamu menjumpai-Ku dalam keadaan tidak menyekutukan sesuatu pun dengan-ku, niscaya benar-benar Aku akan mendatangimu dengan ampunan sepenuh bumi pula.” (HR. Tirmidzi: 3540, dishohihkan oleh al-Albani .dalam Shahih Sunan at-Tirmidzi)

6. Orang Bertauhid Akan Masuk Surga Tanpa Hisab

Masya Allah salah satu keutamaan tauhid yang murni dan tulus yang direalisasikan oleh seorang muslim dengan sebaik-baiknya dalam kehidupan , niscaya ia akan masuk Surga tanpa hisab dan tanpa azab sedikit pun.

Mentauhidkan Allah

Cara mentauhidkan Allah yang sesuai pemahaman ahlus wal jama'ah adalah dengan meyakini dan meng-esakan Allah. Tauhid ialah sebuah keyakinan akan keesaan Allah maksudnya kita mengesakan Allah dengan sesuatu yang khusus bagi-Nya semata berupa hak Rububiyah, Uluhiyah, dan al-Asma'ul Husna (nama- nama-Nya yang baik dan sempurna) serta ash- Shifatul Ulya (sifat-sifat-Nya yang mulia lagi tinggi).

Dan untuk meraih keutamaan tauhid, seorang muslim harus mengesakan Allah dalam ketiga hak- hak-Nya tersebut. Masya Allah, betapa tinggi sekali kedudukan tauhid bagi kita.

Itulah sekilas mengenai keutamaan tauhid yang sangat besar manfaatnya bagi seseorang. Semoga bermanfaat.