9 Hikmah Dan Keistimewaan Bulan Zulqaiddah

9 Dan

Bersyukur kepada Allah dengan mengucapkan Alhamdulillah, bershalawat kepada baginda Rasulullah dengan mengucapkan Allahu Masholli Wasallim Wabarik Alaih.

Jumansur.com-Pengertian dari Nama Zuqaiddah Yaitu Secara bahasa Zulkaidah artinya istirahat dan gencatan senjata atau bermusuhan.

1.Zulqaiddah Termasuk ke Dalam 4

Bulan Zulgaiddah Adalah salah satu bulan yang termasuk syahrul hurum yang di kata mulia karena pada 4 bulan tersebut yang termasuk di dalamnya adalah bulan Zulqaiddah di haramkan melakukan peperangan atau tidak boleh ada pertengkaran atau penganiyaan berat

Maka dari itu semua yang berbau menyakiti, pertikaian baik kecil maupun skala besar di haramkan untuk di lakukan di bulan Zulqaiddah ini, oleh karena semua pihak wajib memuliakan bulan ini.

2.Zulqaiddah Termasuk ke Dalam 3 Bulan Sah

Jadi pelaksaan haji itu berkaitan dengan tiga bulan yakitu Syawal, Zulqaiddah, 10 Hari bulan Zulhijjah, jadi mereka baru di katakan haji dan umrohnya jika dilakukan pada 3 bulan tersebut, bila mana ada orang yang berhaji di luar dari 3 bulan itu maka hajinya tidak sah.

3.Zulqaiddah Ibadah Umrah di Laksanakan

Jadi dalam Bulan Zulqaiddah itu adalah bulan dimana Rasulullah SAW menuaikan ibadah , di Tegaskan dalam sebuah Hadist Shahih yang di riwayatkan oleh Anas Bin Malik bahwa Rasulullah SAW menunaikan ibadah umroh selama empat kali dalam Bulan Zulqaiddah.

Maka dari itu semampu kita meneladani Rasulullah SAW semoga dalam menunaikan umroh seperti yang di contohkan Rasulullah di bulan Zulqaiddah ini.

4.Zulqaiddah 30 Malam yang disebutkan Oleh Allah SWT

Jadi Dalam Surat Al-Ar'raf Ayat 142 Allah SWT berfirman kepada Nabi musa bahwa pada saat Nabi musa menerima thaurat setelah 30 bulan berlalu.

5.Zulqaiddah Memiliki Nilai Sunnah di Atas Bulan Lainnya

Jadi berpuasa di bulan Zulqaiddah itu memilki nilai pahala yang lebih banyak dan tinggi di bandikan bulan-bulan yang selain. karena Zulqaiddah termasuk 4 bulan Haram.

Namun tidak boleh di banding-bandingkan dengan bulan khusus seperti yang di dalamnya ada kewajiban puasa.

6. Bulan Dzulqa'dahDilarang Berperang

Penekanan lebih dalam lagi bahwa sama sekali tidak di berikan toleransi bagi bereka yang tetap berperang baik berperang secara langsung maupun berperang melalui perkataan atau berita yang tidak bersahabat.

Apa lagi di zaman modern ini kecagihan teknologi membuat begitu mudah dan cepatnya pertukaran informasi itu terjadi dan di situlah biasa terjadi peperangan bersifat online.

7. Bertemunya Nabi Musa dengan Allah

Di cerikan dalam Alqur'an bahwa Nabi Musa bertemu dengan Allah SWT itu terjadi di bulan Zulqaiddah, ini menandakan bahwa waktu-waktu di dalam bulan Zulqaiddah itu sangat bagus memudajab kepada Allah agar hati dan pikiran kita akan selalu bersama dengan Allah, hingga perbuatan akan selalu di jalan yang di ridhoi oleh Allah SWT.

8. Bulan yang dilarang berbuat aniaya

Di bulan Sulqaiddah tidak di perbolehkan adanya tindakan penganiyaan baik penganiyaan fisik maupu materil ataukan penganiyaan yang menyangkut pencemarkan nama baik atau menebar berita fitnah untuk menjatuhkan orang lain.

9.Zuqaiddah Afdhol Berdoa dan

Jadi berdoa dan berzikir di waktu-waktu lain juga di anjurkan dan memiliki kemuliaan masing-masing namun khusus di bulan Zulqaiddah apa lagi hari dan malam ke 15 belas sangat mulia untuk berdoa dan memperbanyak brzikir kepada Allah, SWT.

Demikianlah pembahasaan mengenai bulan Zulqaiddah semoga kita di bimbing oleh Allah SWT untuk memmanfaatkan keistimewaan yang terdapat di bulan zulqaiddah ini. Wallahu Wa'lam Bissawwaf

 

Jumansur, S. Pd.i