Dakwah  

6 Menjadi Kewajiban Muslim Terhadap Sesama Muslim

Jumansur.com- Utamakan kita selalu kepada Allah atas pinjaman nikmat-Nya kepada kita semua dengan mengucapkan Alhamdulillah, Dengan selalu bersholawat kepada Rasulullah akan menjadikan amal-amal yang sempurna kita lakukan menjadi bekal yang di terima di akhirat.

Lewat tulisan ini insya Allah penulis akan memuat tentang 6 Menjadi Terhadap Sesama . Jadi muslim yang satu dengan yang lainnya itu ada keterikatan dan saling berkaitan serta menjadi kewajiban baik yang bersifat wajib mutlaq maupun kewajiban yang kedudukannya bersifat sunnah.

Seperti penulis akan menguraikan kewajiban muslim dengan muslim lainnya namun posisinya bukan ketika tidak di tunaikan semua orang berarti menjadi dosa besar, akan terapi barang siapa yang menjalankan termasuk hamba Allah yang mulia dan mendapatkan ganjaran yang insya Allah bernilai .

IkhwafiLLAH yang berbahagia

Sebagaimana suatu saat Rasulullah bersabdah dalam sebuah sebagai berikut:

Yang Pertma: Memberi Salam

Jadi termasuk kewajiban muslim dengan yang lain adalah menebarkan salam, salam itu merupakan ciri khas yang di miliki oleh orang muslim di dalam menyapa.

Salam ini memiliki adab dalam prakteknya seperti kita di anjurkan memberi salam ketika hendak memasuki atau tempat, mengucapkan salam juga ketika hendak berpisah.

Yang berdiri memberi salam kepada yang sedang duduk yang sedang lewat memberi salam kepada yang sedang diam dan lainnya seperti yang mudah mendahului memberi salam kepada yang tua, atau setiap ingin memulai berceramah atau berpidato mestinya di dahului dengan memberi salam.

Salam juga berarti doa karena setiap kita memberi salam berarti di dalamnya atau maknanya itu adalah saling mendoakan.

Karena dalam arti salam itu mengandung arti yang saling mengharapkan kebaikan, contoh Asslamu Alaikum itu artinya adalah keselamatan menyertai anda artinya kita doakan agar semua selamat.

juga kata warahmatullahi warakatuh artinya semaoga Allah merahmati dan memberkahi, jadi sangat baik dan berarti dari salam tersebut. Maknanya memberi salam itu sunnah menjawab salam adalah wajib.

Lihat Firman Allah Dalam Surat An-Nisa: 86

Kedua: Apabila Engkau Di Panggil Datangilah

Dalam keseharian kita, jika ada orang yang memanggil maka menhadirinya itu merupakan bagian dari kewajiban, sepanjang itu tidak bertentang syariat

Sebgai contoh ada yang mengundang untuk menghadiri namun ketika ada yang bebenturan dangan prinsif masing-masing maka hendaklah kita menyesuikannya.

Seperti pada saat ada hajatan dan pada biasanya ada undangan nah ini juga biasanya di pengaruhi oleh kebiasaan orang yang mengadakan hajatan seperti menyiapkan kotak undangan berarti itu ada harapan di berikan materi, nah jika menurut kebiasaan tidak sesuai dengan keadaan atau orang yang membuat hajatan itu memiliki karakter  hanya dirinya mau di hadiri, giliran acara orang dirinya tidak datang, maka boleh memberikan contoh untuk tidak mengdirinya agar menjadi renungan dari apa yang dia lakukan.

Namun mengadirinya itu adalah Akhlaq yang baik.

Ketiga: Apabila Di Minta Nasehat Maka Berilah Nasehat

Nah sering kali ada di antara bermasyarakat ada yang memiliki kelebihan, hingga membuat orang lain ingin di berikan nasehat maka yang seperti ini wajib di tunaikan oleh mereka yang memilki kelebihan itu sebatas kemampuannya.

Namun perlu dipahami bahwa memberi nasehat itu, ialah dengan lemah lembut dan tidak berkesan menggurui apa lagi memerintah.

Ke Empat:Apabila Bersin Maka Doakanlah

Jadi termasuk kewajiban pula sesama muslim ialah mendoakan kepada orang sedang bersin, makanya dalam islam di ajarkan kalau bersin ucapkan Alhamdulillah dan yang mendengarnya ucapkan Yarhamukallah dan kembali yang bersin mengucapkan yahdikumullah.

KeLima: Apabila Sakit Tengotlah

Termsuk pula kewajiban muslim dengan muslim yang lain ialah menjengut saudara-saudari yang sedang sakit, karena menjengut itu adalah bentuk perhatian dan simpati dan memberikan semangat untuk cepat sembuh dan bersabar atas apa yang di alami

Ke enam: Apabila Meninggal Maka Antarlah Jenasahnya Samapi Ke Kuburan

Termasuk pula kewajiban muslim dengan muslim yang lain ialah menghadiri dan mengantar orang meninggal ke pemakaman. Hal ini bisa menjadi pelajaran yang berharga bahwa semua orang akan melewati hal itu maka hendaknya selalu menyediakan bekal dengan cara memperbanyak amal sholeh dan menjauhkan diri dari berbuat dosa.

Demikianlah pembahasan ini semoga bermanfaat dan bernilai ibadah di sisi ALLAH SWT. Aamiin

Wallahu Wa'lam Bissawaf.

Jumansur, S. Pd.i