Dakwah  

16 golongan Orang Saat Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW Melihat

Perjalanan Isra dan Mi'raj Nabi Muhammad SAW

17 golongan Orang Saat Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW Melihat

1.Golongan yang Semasa Hidupnya Berjihad di Jalan Allah

Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW menyaksikan orang yang sedang bercocok tanam dalam waktu sehari langsung di paneng hasilnya, dan begitu seterusnya setelah mereka memaneng,tanaman itu kembali seperti semula begitu berulang-ulang., “wahai  Jibril, siapakah perumpamaan orang yang beruntung ini?” bertanya Rasulullah SAW”: Ituklah gambaran kaum yang semasa hidupanya berjihad di jalan Allah SWT “jawab Malaikat Jibril”. Amal kebaikannya dilipatgandakan menjadi 700 kali lipat, daa apa yang dibelanjakan Allah SWT akan menggatinya. Allah adalah pemberi rezeki yang terbaik.

2.Golongan orang yang suka bersedekah

Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW melihat golongan ini sering memanen tanaman yang baru ditanam . Setelah dipanen, tanaman tersebut tumbuh subur kembali. Begitu berulang seterusnya  sehingga hasil dari panen berlimpah ruah. Maka Nabi SAW bertanya kepada Jibril Siapaka orang ini Jibril, maka Malaikat Jibril menjawab itulah orang yang semasa hidupnya dia bukan berjihat akan tetapi dia sika bersedekah dan berifak di jalan Allah SWT.

3.Golongan yang teguh berpegan pada agama Allah

Dalam Perjanan seketika itu, atau Isra Mi'raj Nabi Muhammad mencium bau yang sangat harum. Maka Rasulullah bertanya kepada Jibril, Yaa Jibril  bau harum ini berasal dari mana dan siapa orang itu, maka Malaikat Jibril menjawab, Yaa Muhammad ini bau haru dari keluarga besar Masyitah yaitu dimasak -hidup oleh  Fir‘aun yang mengaku dirinya sebagai tuhan, karena tidak mengakuinya  firaun sebagai Tuhan.

4.Golongan Manusia yang Lalai Sholat

Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW melihat sekolompok orang kepalanya dipecahkan oleh batu yang besar. Setelah kepalanya dihancurkan, maka kepalanya akan kembali utuh seperti semula. Begitu terus menerus tanpa henti-hentinya: Belihat hal itu maka Rasulullah SAW bertanya kepada Malaikat Jibril.  “,Siapakah itu Yaa Jibril? tanya Rasulullah”:Yaa Muhammad itulah contoh ummat yang berat kepalanya bersujud  lalai tidak mengerjakan yang sudah wajibnya “jawab Malaikat jibril”.

5.Contoh Golongan yang enggan Mengeluarkan Zakat

Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW dalam mi'raj menlihat orang yang di mukanya terdapat tandanya, dan mereka digiring seperti dan lainnya. Serta mereka makan pohon yang berduri, pohon Zaqqum, dan batu-batu dari neraka Jahannam.  Rasulullah SAW bertanya, wahai Jibril, siapakah orang-orang ini?” yaa Muhammad itulah ummat-mu yang tidak mengeluarkan zakat hartanya  “menjawab Malaikat Jibril”:. Maka Allah SWT  tidak akan pernah menganiaya hamba-Nya walaupun sedikit. Dan tidak mungkin Allah SWT berbuat aniaya kepada semua hamba-Nya.

6.Golongan Orang yang Selingkuh

Selanjutnya Isra Mi'raj Nabi Muhammad  SAW  sampailah ke tempat  di mana ada kaum yang di depannya itu terdapat dua temapat daging ada masak dan lesat, ada juga daging yang mentah yang busuk. Akan tetapi yang mereka  makan itu daging mentah yang busuk itu serta meninggalkan daging yang masak lagi lesat itu., “wahai Jibril, Ini Contoh orang apa yaa Jibril? Tanya Nabi SAW  ” menjawabnya: Yaa Muhammad lelaki itu ialah golongan yang memilki  istri yang sah lagi baik, tapi dia lebih menyukai wanita lain yang tidak halal baginya lalu dia tidur bersamanya dan melakukan layaknya suami istri,”jawab Malaikat jibril”. Begitupun sebaliknya wanita yang memiliki suami yang halal sah dan baik untuknya akan tetapi dia bersama lelaki yang lain yang tidak halal baginya hingga tidur bersamanya dan belakukan seperti suami istri.

7.Golongan yang Suka Duduk di Pinggir Jalanan dan Membegal

Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW melihat Di suatu tempat yang ada kayunya di tengah jalan tidak ada orang yang melewatinya pasti pakaiannya pasti ro­bek, dan tidak ada satu pun yang melaluinya pasti menusuk­nya. Maka Nabi SAW bertanya, Wahai Jibril, ini adalah tanda apa,mereka itu semasa hidupnya suka nongkron di pinggir jalan serta menghalangi orang lain beribadah di jalan Allah SWT, jawab Malaikat Jibril: lalu. Kemudian Jibril membacakan firman-Nya: Serta tidak boleh kalian duduk di tiap-tiap jalan untuk menakut-nakuti sert menghalang-halangi kaum yang beriman. (QS.Al-A'raf: 86), Samapai akhir ayat.

8.Golongan Orang yang Tidak Menyampaikan Amanat Atau Raskus Jabatan

Di perjalanan Isra Mi'raj Rasulullah melihat kaum yang mengumpulkan barang hingga tidak mampu dia angkat dan terus menerus menambahnya. Yaa Jibri ini perumapaan apa?”  inlah contoh dari orang yang mempunyai banyak amanah  akan tetapi tidak menunaikannya  dia ingin membawanya terus menerus.”Jawab Malaikat Jibril”

9.Golongan yang Tukang Fitnah

Isra Mi'raj Nabi SAW menyaksikan juga di suatu tempat orang yang lisan dan bibirnya itu dipotong dengan gunting  atau catut pake besi,setelah mulut dan bibirnya rusak,maka Kembali lagi utuh seperti semula, seperti itu terus- menerus tiada berhenti.  Maka nabi Muhammad bertanya “ siapakah contoh seperti ity yaa Jibril itulah Muhammad orang yang ahli khotbah dan tukang memfitnah.

10.Golongan Orang yang Sombong dan Provokator

Di dalam Isra Mi'raj Nabi SAW melihat terdapat batu kecil di tempat tersebut, ada seekor sapi jantang yang besar yang keluar darinya . seteleh itu sapi tersebut hendak masuk Kembali ketempat sebelumnya keluar  akan tetapi tidak bisa lagi masuk kembali. Nabi Saw. berta­nya, “wahaiaaJibril, apakah gerangan ini?” tanya Nabi SAW, Malaikat jibril menjawab: yaa Muhammad itulah contoh orang yang mau  menarik Kembali kata-katanya setelah sadar dari perkataan kasar dan sombong yang pernah di lakukannya, akan tetapi sudah tidak bisa lagi.

11.Golongan Orang yang Suka Menggunjing serta Mengumpat

Isra Mi'raj Rasulullah SAW pernah bersabda hadist Rasulullah ini di sampaikan Anas bahwa yaitu: Ketika Rasulullah bermi'raj menghadap kepada Tuhanku saya melihat kepada di siatu tempat yang memiliki kuku yang seperti tembaga tajam mereka mencakar-cakar mukanya dan dadanya setiap hancur Kembali utuh lagi di cakar lagi begi seterusnya maka Rasulullah SAW bertanya kepada Malaikat Jibris “ ya Jibril ini contoh apa lagi, maka Jibrik menjawab itulah orang-orang yang suka menggunjing kehormatan dan mengumpat atau memakan dagin manusia.

12.Orang yang Suka Mengerjakan Perbuatan Haram

Dalam perjalanan Isra mi'raj Rasululah melihat di suatu tempat dimana terdapat banyak piring yang besar dan isinya makanan yang bagus dan lesat di situ juga terdapat piring-piring yang semua isinya makanan yang kotor lagi berbauh busuk, akan tetapi mereka semua mengambil dan menikmati makanan yang dipiring isinya kotor dan menjijitkan. Maka nabi Muhammad Saw bertanya kepada Jiberil, Yaa Jibril siapa mereka ini, itulah Muhammad yang semasa hidupnya suka meninggalkan perbuatan yang yang dihalalkan dan mengerjakan perbuatan yang haram.

13.Golongan Yang Suka memakan Harta Yatim dengan aniyaya

Isra Mi'raj Rasulullah SAW melihat banyak manusia yang memilki bibir seperti unta besarnya dan bara api di masukkan kedalam mululnya itu lalu api tersebut keluar dari lubang duburnya seperti dia buang air besar. Lalu bertanya Nabi SAW Yaa Jibril perumpaan apakah itu. Maka Malaikat Jibril menjelaskan bahwa itu adalah orang memakan harta anak yanti dengan cara yang bati seperti di jelaskan dalam Al-qur'an surat Annisa ayat 10.

14.Golongan Orang Pemakan Harta Riba

Dalam Perjalanan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAWmenyaksikan kaum yang perutnya membesar dan terus membesar hingga tidak bisa memikulnya sehingga merintih kesakitan dan meminta tolong. Serta berenang di sungai yang penuh darah begitu terus menerus.  Maka Nabi bertanya kepada Jibri apa gerangan orang itu yaa Jibril. Malaikat Jibril menjawab Yaa Muhammad itulah contoh dari ummatmu yang suka memakan harta dari hasil riba sebagai man di terangakan dalam surat Al-baqorah ayat 275.

15.Golongan Orang yang Suka Mencela

selanjutnya Isra Mi'raj Nabi SAW menyaksikan yang mana dagin lambungnya sendiri di potong-potong lalu di paksa memakannya sendiri, sehingga Rasulullah bertanya lagi kepada Jibril. Apa di lakukan mereka Jibril, yaa Muhammad itulah contoh orang yang semasa hidupnya suka mengumpat dan mencela

16.Golongan Dai yang tidak mengamalkan ucapan

Isra Mi'raj Rasulullah SAW melihat orang yang di ptong-potong lidahnya dengan gunting besi yang sangat tajam dari neraka, maka Nabi SAW bertanya kepada Jibril “ Siapaka itu yaa Jibril “ Itulah Muhammad Perumpamaan dari ummatmu dari golongan Dai dia yang mampu bercerama tapi tidak dia amalkan untuk diri sendiri dan melanggar dari apa yang di dakwakannya.

Demikian 16 golongan manusia yang ditemui isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW saat di perjalankan. Semoga pembahasan bisa memberikan ibrah serta agar semakin meningkatkan amal ibadah dan keimanan kita kepada Allah SWT dan rasul-Nya. Wallahu a'lam Bissawaf. Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh.

Hormat Kami,

 

Jumansur, S. Pd.I