Dakwah  

13 Cara Menjadikan Anak Sholeh Dan sholeha

poto saat cara membimbing anak menjadi sholeh dan sholeha

Cara Menjadikan Anak Sholeh Dan sholeha

Jumansur.com– Bersyukur kepada Allah atas semua nikmat-Nya. Salam Shalwat kepada baginda Rasulullah SAW,Merupakan dambaan hamba Allah untuk melihat dan memiliki anak-anaknya sifat yang sholeh dan sheleha, namu semua harapan itu besar pengaruhnya dengan cara orang tua mendidik dan menfilter dalam pergaulan anak.

Oleh sebah itu sangat penting orang tua memahami dan mengerti cara mendidik anak-anaknya agar menjadi anak yang sholeh dan sholeha. Di dalam pembahasan kali akan memuat materi tentang ilmu cara mendidik anak

Selengkapnya dalam pemahasan ini berikut di uraikan tentang bentuk orang tua menjadiakan anak sholeh dan shalehah

1. Di awali pada saat di kandung orang tua membiasakan mengaji Al-qur'an

Jadi termasuk cara menjadikan anak sholeh dan sholeh itu Ketika baru anak dalam kandung sudah didik dengan agama yaitu selalu menperdengarkan lantunan bacaan baik di baca oleh bapaknya terlebih kalau ibunya rutin membaca Al-qur'an terutama ayat-ayat tertentu seperti surat Maryam atau surat yusuf dan lainnya.

2. Membiasakan bangun pada waktu subuh sekaligus beribadah subuh

Membiasakan anak-anak anda untuk bangun di saat subuh dan menjalankan rangkaian ibadah subuh seperti sholat berjamaah subuh di masjid dan lainnya tentang terkhusus agama, maka ini adalah cara agar anak bisa memiliki karakter sebagai anak yang sholeh dan sholeha, karena bagun di waktu subuh berat dilakukan bagi merekan yang tidak biasa mengerjakannya, dan orang di waktu subuh masih tidur itu adalah tanda-tanda orang pemalas.

3. Mengusahakan mendapatkan dan lingkungan pergaulan yang baik, benar dan Islami

Cara Menjadikan Anak Sholeh Dan sholehaLembaga Pendidikan di mana anak menimbah ilmu pengetahuan sangat berpengaru terhadap sifat dan karakter anak itu, oleh sebab itu memilih Pendidikan yang bebasis islam yang baik dan benar merupakan pilihan yang tepat untuk di tempati menimbah ilmu pengetahuan, sehingga besar harapan untuk menjadikan anak sholeh dan shaleha itu terwujud.

Selain itu Lingkungan pergaulan anak juga perlu di jaga, karena anak bisa terpengaruh terhadap lingkungan kepada siapa anak itu bergaul, oleh karenanya anak Ketika bergaul dengan teman yang memiliki Pendidikan agama yang benar adalah pergaulan yang bisa mengantarkan anak menjadi sholeh dan sholehah

4. Menjauhkan sifat dan karakter egois

Jadi orang tua dalam upaya menjadikan anak sholeh dan sholeha maka sebaiknya menjauhi karakter egois, karena karakter orang tua adalah cerminan atau yang besar berpengaruh terhadapa kebiasan anak, sehingga orang tua yang  orang tua yang baik adalah contoh yang baik kepada anak-anaknya.

Sifat orang tua yang egois yang di maksud ialah dia menyuruh anaknya untuk mengerjakan kebaikan dan beribadah seperti jujur, raji sholat terkhusus berjamaah dan yang lainnya, akan tetapi orang tua sendiri tidak mengerjakan.

5. Membiasakan Safari dari masjid ke masjid

Jadi melakukan safari adalah salah satu upaya menjadikan anak menjadi sholeh dan sholeha, bersafari di sini di maksud adalah mengunjungi masjid-masjid setiap waktu tertentu dalam rangka beibadah dan memperkenalkan masjid kepada anak.

Dengan bersafari maka anak bisa memutifasi anak untuk dekat senang beibadah di masjid, karena masjid merupakan baituLLAH dan tempat dunia akhirat.

6. Sejak dini Pendidikan tentang Batasan aurat di tanamkan

Jadi upaya dalam menjadikan anak menjadi sholeh dan sholeha adalah mempekenalkan tentang Batasan aurat dalam ajaran agama islam baik terutama anak Wanita.

Batasan aurat yang di maksud adalah baik dalam berbicara terutama cara berpakaian, bagi laki-laki auratnya adalah dari perut hingga lutut agar lebih sopan dan beradab maka pakaian itu yang sunnah. Aurat bagi Wanita adalah seluruh tubuh kecuali muka dan telapat tangan, termasuk juga menutup bentuknya.

7. Ketika tidak berada di maka di biasakan membawah perlengkapan ibadah

Jadi salah satu cara menjadikan anak sholeh dan shaleha itu ketika di biasakan selalu bersiap-siap setiap waktu untuk tepat waktu beribadah seperti sholah dan ibadah lainnya, maka dari itu anak di biasakan selalu mempersiapkan perlengkapan sholat seperti, baju koko/ gamis, peci dan sajadah, bagi anak Wanita selalu siap mukenahnya.

8. Membatasi nonton TV dan main HP serta computer/ laptop.

Jadi merupakan cara menjadiakan anak sholeh dan sholeha Ketika menjaga agar menonton TV memiliki Batasan baik waktunya maupun tontonannya, karena siaran yang ada TV itu bisa mempengaruhi mental dan prilaku anak, oleh karena itu hanya yang tontonan yang membawa tuntunan dan Pendidikan agama islam yang bisa di lihat ini pun di batasi waktunya.

Begitupun main Computer dan HP karena bila keleawatan bermain hp bisa merusak fisik dan fisikisnya, juga bisa terpengaruh denga napa yang di tampilkan di HP, seperti main game yang bisa saja anak meniru dari permainan game itu, jadi Ketika anak di jaga dan di batasi dalam hal itu maka bisa mejadikan anak menjadi anak yang sholeh dan sholeha

Bermain HP bisa di biarkan agar yang anak lihat dan manfaatkan hp atau computer tersebut hanya untuk hal-hal yang menyankut masalah kebaikan atau yang benilai Pendidikan khususnya Pendidikan islam.

9. Menampilkan nilai-nilai ajaran agama islam yang benar

Jadi termasuk cara menjadikan anak sholeh dan sholeha kalau secara langsung memperkenalkan dan membiasakan setiap kegiatan atau hal-hal yang di lakukan di lakukan dengan cara islami, seperti makan di mulai dengan membaca basmalah, dengan tangan kanan, sambil duduk, dan masih banyak lagi yang lainnya.

10. Mengerjakan Amal ibadah secara bersama-sama anak

Juga termasuk cara menjadikan anak sholeh dan sholeha Ketika selalu membiasakan anak beribada seperti sholat bersih bersih pengajian dan zikir serta ibadah lainnya dilakukan cera bersama-sama dengan contoh dan bimbingan dari orang tua.

11. Jauhi Karatkter yang terkesan marah dan membentak

Jadi termasuk cara menjadikan anak sholeh dan sholeha itu Ketika orang tua sedapat mungki mampu mengendalikan amarahnya atau bentakanya kepada anaknya karena ini merupakan cara yang berlebihan terkecuali kalau sudah menyangkut maslah prinsip maka itu namanya marah pada tempatnya.

Jadi Ketika anak melakukan kesalahan atau teledor terhadap suatu pekerjaan maka di nasehati secara lemah lembut dan penuh kasih sayang agar tidak mengulangi hal semula.

12. Membiasakan menceritakan Kisah-kisah teladan

Jadi termsuk cara menjadikan anak sholeh dan sholeha itu adalah menceritaka kisah atau cerita-cerita kejadian atau baik para Nabi dan rasul maupun sahabat-sahabat nabi serta carita atau hikayat yang bisa bisa di teladani kisahnya.

13. Selalu Mengiringi anak dalam doa

Jadi cara menjadikan anak sholeh dan sholeha ketikan orang tua selalu mendoakan anak-anaknya dalam kebaikan karena doa orang tua kepada anaknya lansung di ijabah oleh Allah SWT. Oleh karena itu orang tua jangan pernah bosan mendokan anak-anaknya agar majadi sukses dunia akhirat.

Demikianlah pembahasan tersebut tentang 13 cara menjadikan anak sholeh dan sholeha semoga bisa bermanfaat dan bernilai amal jariyah aamiin. Wallahu Wa'lam Bissawaf. Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hormat Kami

 

Jumansur, S. Pd.I