Inilah Yang Harus Dipersiapkan Saat Ramadhan Tiba

Hal yang Harus Dipersiapkan Saat Ramadhan Tiba
Source Images: Instagram @muslim

Jumansur.com – Tentu banyak sekali yang harus dipersiapkan saat tiba. Mulai dari menu makanan, persiapan diri, acara ini dan itu hingga agenda itikaf di 10 terakhir Ramadan. Semua mereka siapkan dengan penuh suka cita.

Tentu saja tidak ada salahnya mempersiapkan hal tersebut. Tapi diantara semua hal tersebut yang paling penting kita siapkan adalah diri baik fisik maupun batin (hati).  Mempersiapkan diri untuk bisa menjaga ramadhan menjadi ibadah yang berkualitas.

Kita perlu mempersiapkan diri ini agar Ramadan ini bernilai dan bisa berdampak bagi jiwa kita setiap harinya.

Bulan Ramadan

Banyak sekali keutamaan ini. Bulan yang bahkan diistilahkan bulan Mubarok ini memang sangat mulia dan istimewa. Pada bulan ini pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup. Para iblis Allah belenggu, pada bulan ini Allah turunkan Al-Qur'an dan pada bulan ini terdapat malam Lailatul Qadar.

Tak hanya itu, pada bulan ini sepanjang harinya adalah waktu terbaik untuk berdoa. Bahkan doanya tidak tertolak. Masya Allah jangan sia-siakan waktu ini ya.

Inilah Yang Harus Dipersiapkan Saat Ramadhan Tiba

Nah ketika kita tahu bahwa adalah bulan mulia dan memiliki banyak keutamaan maka kita perlu memaksimalkan diri pada bulan ini. Berikut hal penting yang perlu kita siapkan:

1. Persiapkan Diri untuk Banyak Berdoa

Ketahuilah dalam QS Al Baqarah 186 yang merupakan lanjutan dari ayat mengenai dan Ramadan, Allah perintahkan kita untuk berdoa.
Seperti arti dari Firman Allah Taala dalam QS Al Baqarah 186 berikut.

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran.”

Sangat jelaslah bahwa Ramadan adalah waktu terbaik berdoa pada waktu siang dan malam. Jadi persiapkanlah diri untuk memanfaatkan waktu tersebut dengan banyak berdoa kepada Allah.

2. Hal Harus Dipersiapkan Saat Ramadhan Tiba: Persiapkan Diri Dengan Memperbanyak Mengingat Allah

Tahukah bahwa pahala paling besar seorang hamba adalah yang paling banyak berzikir mengingat Allah. Jadi persiapkanlah diri kita untuk memperbanyak zikir kepada Allah Taala.

Sebagaimana Allah berfirman dalam QS Al Jumuah ayat 10 untuk kita memperbanyak berzikir agar kita beruntung. Sungguh jangan sia-siakan waktu ini. Waktu yang sepanjang harinya bernilai pahala.

Tiga waktu mustajab dikabulkan doa adalah saat sahur, saat berpuasa dan berbuka.

3. Persiapkan Diri Banyak Membaca

Bulan ini adalah bulan Al-Qur'an karena pada waktu ini Alquran Allah turunkan. Bahkan setiap malam di bulan mulia ini Malaikat Jibril turun ke bumi untuk mendengarkan bacaan Alquran Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam. Jadi jangan sampai kita tidak mempersiapkan diri untuk membaca Alquran pada bulan Mubarok ini.

4. Persiapkan Diri Dari Menjaga Puasa

Perhatikanlah setiap detik pada bulan ini dengan senantiasa menjaga puasa dari mengerjakan amalan shalih dan menjauhkan diri dari perbuatan yang sia-sia. Jauhkan diri dari perbuatan , , bohong, menzalimi orang lain dan perbuatan jelek lainnya. Jagalah puasa kita karena setiap detik pada waktu ini adalah waktu terbaik meraih pahala.

Jadi itulah hal yang harus dipersiapkan ketika Ramadhan tiba. Jangan sampai puasa kita sia-sia karena hal-hal yang tidak diridhoi Allah. Perbanyak mengingat Allah karena merupakan amalan tertinggi dari semua amalan yang ada.