7 Menu Sahur Sehat Agar Tidak Lemas Saat Menjalalankan Ibadah Puasa, Jangan Malas-malasan!

menu sahur sehat agar tidak lemas
7 Menu Sahur Sehat Agar Tidak Lemas Saat Menjalalankan Ibadah Puasa, Jangan Malas-malasan! | Image by: freepik (Ilustrasi)

JUMANSUR.com – Agar kuat menjalani , penting untuk menyediakan menu sahur sehat agar tidak lemas yang mengandung seperti karbohidrat, protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral.

Pasalnya, mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang saat sahur dapat memberikan energi yang cukup dan mencegah rendahnya kadar gula darah saat berpuasa.

Tidak hanya itu, kamu juga perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan cukup agar terhindar dari dehidrasi yang dapat menyebabkan sakit kepala, lemas, dan kram otot.

Daftar Saat Menjalalankan

Untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh saat berpuasa, berikut rekomendasi menu sahur sehat agar tidak lemas yang bisa kamu siapkan dengan mudah.

1. Air

Rekomendasi terpenting untuk menyiapkan menu sarapan sehat adalah air putih. Pasalnya, minum air putih yang cukup saat sahur dapat mencegah dehidrasi yang membuat tubuh terasa lemas dan mudah lelah saat berpuasa.

Tidak hanya sahur, kamu juga disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih saat berbuka puasa dan makan malam (setelah berbuka puasa).

2. Buah Segar

Salah satu tips penting sarapan sehat adalah dengan mengonsumsi buah-buahan segar, seperti semangka, apel, , dan melon.

Buah-buahan ini kaya akan vitamin dan mineral sehingga dapat mendukung sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, buah segar juga banyak mengandung air yang dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa.

3. Sup sayur

Sayur sop merupakan menu sarapan sederhana dan sehat yang dapat membantu menjaga tubuh selama berpuasa.

Hal ini karena sayur sop terbuat dari berbagai jenis sayuran, seperti wortel, kentang, kembang kol, dan brokoli yang tinggi serat sehingga dapat menjaga kesehatan saluran cerna dan membuat tubuh terasa kenyang lebih lama.

4. Makanan kaya protein

Makanan kaya protein juga dianjurkan sebagai menu sarapan sehat karena dapat membantu membangun dan memperbaiki jaringan dalam tubuh.

Beberapa makanan yang mengandung protein tinggi antara lain , telur, ikan, ayam, dan daging sapi.

Namun, sebelum mengolah daging, disarankan untuk membuang lemak yang masih menempel agar tidak menyebabkan peningkatan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

5. Karbohidrat kompleks

Karena karbohidrat kompleks dicerna secara perlahan sehingga membuat tubuh terasa kenyang lebih lama.

Ada beberapa jenis karbohidrat kompleks yang mudah dimasukkan ke dalam menu sarapan sehat, antara lain oat, gandum utuh, beras merah, dan ubi jalar.

Agar lebih sehat, kamu bisa mengolah makanan tersebut dengan direbus atau dikukus.

6. Lemak sehat

Lemak merupakan salah satu yang dibutuhkan tubuh sebagai cadangan energi.

Ada beberapa jenis makanan yang mengandung lemak sehat dan bisa disajikan dalam menu sarapan sehat, yaitu alpukat, ikan, yogurt, minyak zaitun, dan kacang-kacangan.

7. Kacang dan sayuran

Kacang-kacangan seperti buncis dan kacang kedelai direkomendasikan sebagai menu sarapan sehat karena kaya akan serat dan protein sehingga dapat mengontrol nafsu makan saat berpuasa.

Tak hanya itu, kenari juga mengandung polifenol yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dan mengurangi risiko berbagai kronis.

Kacang ini bisa kamu jadikan sebagai camilan setelah mengonsumsi hidangan utama saat sahur.

Penutup

Mengkonsumsi menu sahur sehat agar tidak lemas di atas bisa menjadi salah satu pilihan kamu yang ingin tetap segar dan bugar ketika menjalani ibadah puasa Ramadhan.