4 Tips Mengontrol Keuangan di Bulan Ramadhan Agar Tidak Boros!

tips mengontrol keuangan
4 Tips Mengontrol Keuangan di Bulan Ramadhan Agar Tidak Boros! | Image by: freepik (Ilustrasi)

JUMANSUR.com adalah waktu yang paling penting dan menyenangkan bagi umat . Di sisi lain, tips mengontrol keuangan di juga diperlukan.

Bagi kamu yang sedang, tentu saja harus ada trik tersendiri yang harus diterapkan agar dompet kamu tidak kering setelah momen ini. Salah satu cara paling ampuh adalah dengan sadar mengelola kamu.

Apa Saja di Bulan Ramadhan?

Tidak hanya itu, kamu juga perlu tips mengontrol keuangan di bulan Ramadhan. Keperluan transfer antar rekening, pembayaran tagihan, pembelian secara kredit dan transaksi digital lainnya cukup dalam satu aplikasi tanpa harus mengubah barang.

Agar Tidak , Berikut Ini Tips Mengontrol Keuangan di Bulan Ramadhan

Jadi selain menggunakan aplikasi tentunya tetap perlu menerapkan tips mengontrol keuangan di bulan Ramadhan. Berikut tips yang bisa diikuti!

1. Buat rencana keuangan

Langkah pertama dan terpenting yang harus dilakukan adalah membuat rencana keuangan. Membuat proyeksi pengeluaran dan pemasukan selama sebulan penuh Ramadhan.

Untuk itu, mulailah dengan mencatat semua kebutuhan kamu mulai dari awal hingga lebaran beserta perkiraan harga/pengeluarannya.

Meski begitu, tetap berpegang pada rencana keuangan yang sudah dibuat di awal bulan bukanlah hal yang mudah.

Di mobile banking, kamu dapat dengan mudah memantau keuangan dan transaksi kamu secara real time. Dengan demikian, realisasi tujuan keuangan bisa lebih mudah.

2. Perlu skala

Harus diakui di bulan Ramadan, dompet banyak orang terkuras. Selain pengeluaran rutin bulanan, ada juga pengeluaran lain khusus bulan Ramadan.

Saat kamu mengembangkan rencana dan anggaran keuangan, pertimbangkan kembali apa yang penting dan apa yang tidak.

Misalnya, kamu tidak perlu membeli baju baru untuk lebaran jika masih memiliki baju lama. Dengan begitu, kamu bisa lebih . Tapi, kalau harus beli baju baru, coba pakai kartu debit Tabungan BRI BritAma.

Pasalnya, kartu debit ini menawarkan berbagai diskon menarik dan sangat berguna bagi kamu yang ingin pintar berbelanja.

3. Tinjau pengeluaran berulang

Rencana keuangan dapat mempersiapkan kita untuk situasi yang tidak terduga. Oleh karena itu, selain membuat anggaran, perlu dilakukan review anggaran secara berkala ya.

Ini dapat dilakukan berdasarkan hari, minggu, atau bulan. Setelah itu, hitung margin rencana dan biaya sebenarnya. Nilai margin ini akan disesuaikan dengan biaya selanjutnya.

Jika marginnya lebih rendah, tidak apa-apa untuk melanjutkan rencana keuangan sebelumnya.

Namun, jika pengeluaran lebih besar dari yang direncanakan, maka kamu perlu menyesuaikan pengeluaran di hari-hari berikutnya untuk mencapai angka ideal yang kamu inginkan.

Jangan lupa gunakan aplikasi BRImo agar mudah melacak aliran keuangan dan bisa lebih hemat.

4. Bayar kebutuhan dengan Mobile Banking

Tidak dapat dipungkiri bahwa aplikasi mobile banking sangat membantu kita menjaga keuangan.

BRI misalnya, terus berupaya menghadirkan kemudahan bagi nasabah Tabungan BRI Britama melalui berbagai fitur di BRImo.

Dengan BRImo, kamu bisa melakukan berbagai pembayaran digital atau disebut juga cashless. Makan direstoran? Cukup pindai QRIS. Isi pulsa, bayar listrik, beli token, isi ulang dompet digital dan banyak kebutuhan lainnya yang lebih mudah.

Penutup

Dengan tips mengontrol keuangan di bulan Ramadhan akan membantu kamu dalam mengelola selama di bulan suci Ramadhan.