6 Aktivitas Menyenangkan sambil ngabuburit dalam Islam yang Tidak Sia-Sia!

aktivitas menyenangkan sambil ngabuburit dalam islam
5 Aktivitas Menyenangkan sambil ngabuburit dalam Islam yang Tidak Sia-Sia! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

JUMANSUR.com – Ngabuburit merupakan salah satu momen yang terlewatkan saat menunggu azan magrib dan berbuka . Di waktu “kritis” menjelang berbuka puasa ini, ada banyak aktivitas menyenangkan sambil ngabuburit dalam islam untuk mengatasi rasa lapar.

Waktu ini juga bisa dimanfaatkan untuk mempererat tali dengan keluarga melalui berbagai kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat. Oleh karena itu, tak ada salahnya mencoba berbagai aktivitas bersama keluarga.

Daftar yang Tidak Sia-Sia

Berikut 5 aktivitas menyenangkan sambil ngabuburit dalam islam sembari menunggu waktu berbuka puasa.

1. Olahraga ringan bersama

Menjalani puasa bukan berarti menghalangi kita untuk tetap bugar. Kamu bisa mengajak keluarga untuk berolahraga satu jam atau setengah jam sebelum berbuka puasa.

Tidak perlu melakukan gerakan yang berat dan intens, sebaiknya pilih olahraga low impact yang hanya bisa dilakukan selama 15-20 menit agar tidak cepat lelah atau dehidrasi.

Misalnya saja melakukan peregangan tubuh, melakukan yoga, atau berjalan-jalan santai di taman atau di sekitar rumah.

2. Bersihkan rumah

Membersihkan rumah bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bila dilakukan bersama keluarga. Tak ada salahnya menjadwalkan waktu untuk bersih-bersih bersama, seperti seminggu sekali di akhir pekan.

Bila perlu, kamu bisa mendekorasi rumah dengan pernak-pernik dan . Oleh karena itu, menjelang Hari Kemenangan, kamu tidak perlu bersusah payah merenovasi rumah secara menyeluruh.

3. Masak bersama

Bosan aktivitas menyenangkan sambil ngabuburit dalam islam saja dan berbuka puasa? Jadi tak ada salahnya sesekali mengajak seluruh anggota keluarga keluar rumah, sekadar untuk membeli jajan.

Agar lebih menarik, kamu bisa menentukan tema menu yang akan disajikan, seperti Indonesia, Timur Tengah, Korea, dll. kamu juga bisa menata meja dengan sebaik-baiknya atau mengajak keluarga piknik meriah di Taman.

4. Permainan keluarga

Menjelang berbuka, tubuh terkadang lemas dan lesu akibat aktivitas menyenangkan sambil ngabuburit dalam islam yang berat. Nah, game bisa mengembalikan kamu dan keluarga sehingga puasa terasa lebih cepat.

kamu bisa memilih jenis permainan yang bisa dimainkan secara berkelompok, seperti One, Ludo atau Ular Tangga. Namun jika kamu memiliki anak, pastikan game yang kamu pilih memiliki tampilan grafis yang aman dan tidak berkonotasi negatif.

5. Tonton film favorit kamu

Menonton film atau serial favorit juga merupakan cara yang baik untuk menghabiskan waktu luang kamu.

Agar jadwal nonton ini lebih bermanfaat di , kamu bisa memilih film bergenre keluarga untuk ditonton seluruh anggota keluarga.

Jangan lupa menata ruangan agar terlihat seperti bioskop mini dan semakin seru.

6. Sepeda

Saat ini bersepeda masih menjadi tren di berbagai kalangan. Tua-muda, laki-laki dan , dewasa, anak-anak PNS, , pekerja kantoran, wiraswasta, dan lain-lain, sibuk mengayuh sepeda.

Seperti diketahui, himbauan untuk tetap berada di rumah membuat kita sulit melakukan perjalanan jauh karena adanya risiko yang mengintai. Bersepeda bisa menjadi salah satu pilihan untuk melampiaskan kerinduan melihat “ sekitar” dan menjaga kesehatan.

Jika kamu baru mengenal kebugaran atau baru pulih dari cedera atau penyakit, kamu dapat bersepeda dengan intensitas rendah. Jika kondisi tubuh sudah bugar, kamu bisa meningkatkan intensitas bersepeda.

Pastikan teman-teman mengikuti tips aman bersepeda agar terhindar dari risiko cedera, bahkan kecelakaan yang tentunya tidak kamu inginkan. Di bawah ini kami sajikan beberapa tips yang patut kamu perhatikan agar aktivitas bersepeda lebih aman dan kesehatan tetap terjaga.

Sebelum mulai bersepeda, pastikan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika kamu menderita penyakit jantung, radang sendi, atau pengeroposan tulang;

Bagi penderita gangguan keseimbangan, penglihatan dan pendengaran, disarankan untuk menggunakan sepeda stasioner daripada bersepeda di luar ruangan;

Jangan asal memilih sepeda, pilihlah sepeda yang tepat agar kamu dapat mengayuh dengan lebih mudah, efisien dan mengurangi rasa sakit;

Penutup

Bisa dibilang aktivitas menyenangkan sambil ngabuburit dalam islam di atas bisa kamu lakukan sambil jalan-jalan untuk mengisi waktu luang menjelang Maghrib tiba.