4 Kepemilikan Yang Dapat Menghilangkan Kebaikan

Bismillahi Rahmani Rahim

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

4 Mutiara Yang Ada Pada Orang Bisa Dari 4 Perbuatan Tercela

Jumansur.com- Mari tidak henti-hentinya kepada Allah SWT karena nikmat Allah SWT tidak pernah terpusutus di manfaatkan dalam kehidupan setiap harinya maka ucapkanlah Alhamdulillah.

Begitupun halnya dengan shalawat kepada Rasulullah SWT jangan pernah ada rasa bosan dalam pikiran dan pikiran untuk selalu mengirimkan shalawat, karena hal itu bisa mendatangkan rahmat Allah SWT, dan menjadikan yang kita lakukan di terima baik oleh Allah SWT, Allahumasholli wasallim wabarik alaihi.

Lewat tulisan ini semoga bisa menjadi ladan ibadah di dalam melansungkan kehidupan di muka bumi ini dan kelak di akhirat kita mendapatkan kedudukan yang mulia di dalam syurga dengan ridha Allah SWT.

Setiap Insan, manusia yang memiliki 4 kemuliaan yang di perjuangkan, di usahakan serta di pertahakan agar bisa menjadi pusaka dalam diri yang bisa menjadi kekuatan agar selalu taat menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Pusaka itu ialah Sebagai mana di ajarkan oleh agama melalu Sabdah Rasulullah SAW:

QAALA RASUULULLAHI SHOLLAHU ALAIHI WASALLAM: ARBA'ATU JAWAAHHIRU FIIJISMI BANII AADAMA YUZIILUHHA ARBA'ATUN ASYYAA A: AMMAL JAWAAHHIRU, FAL'AQLU, WADDIINU, WALHAYAAU, WA'AMALU SHSHOLIHU

Pertama: FALGADHOBU YUZIILUL AQLA

“Marah Dapat Menghilangkan akal, kesadaran”

Semua orang memiliki akal untuk berpikir dengan pemikiran yang baik manusia itu hingga tercipta berbagai penemuan yang bisa bermanfaat.

Namun ketika manusia memiliki karakter pemarah maka akal sehat dan kesadaran itu bisa menghilang menjadikan manusia bisa melakukan pengrusakan dan kejahatan lainnya.

Kedua: WALHASADUYUZIILU DDIINU

“Dengki Dapat menghilangkan Agama/Kebaikan”

Jadi bagi siapapun yang bersifat dengki iri hati maka dapat menghilangkan agamanya, agama itu adalah sumber kebaikan untuk menjadikan orang itu memiliki kemuliaan, mulia di hadapan Allah dan di hormati oleh orang lain

Namun ketika seseorang itu agama menghilang dari hidupnya maka keadaannya tidak terarah, mengalami yang tidak berujung, kesehariaannya hampa, karena nilai tidak bermakna.

Ketiga:WATHTHO'U YUZIILUL HAYAA-A

“Rakus dapat menghilankan rasa malu”

Dalam Setiap manusia itu akan di tolong oleh mutiara kebaikan berupa rasa malu, karena rasa malu itulah sehingga orang berharga, karena rasa malunyalah sehingga bisa terhindar dari perbuatan tercela, seperti bisa menutup aurat, bisa berhubungan dengan terhormat, berkata dengan sopan.

Namun ketika seseorang bersifat rasuk maka akan menghilangkan sifat malu dalam dirinya, akibatnya tidak ada lagi untuk berbuat jahat, berlaku mungkar, memamerkan aurat, tidak malu lagi berkata yang kotor, bahkan tidak ada lagi harga dirinya.

Keempat: WALGHIIBATU TUZIILUL ‘AMALASHSHOLIHA

“Mengumpat dapat menghilangkan amal sholeh”

Menceritakan kejelakan orang lain dapat menghilangkan amal sholeh, sementara itu amal sholeh tersebut merupakan kebaikan yang sangat berharga dalam kehidupan baik di maupun di akhirat nanti.

Jadi jauhi sifat mengumpat yaitu dengan sengaja menyebarkan keburukan atau -kesalah yang di perbuat orang lain, maka sebaiknya sembunyikan kekurang orang lain agar Allah SWT menyembunyikan kekurangan atau aib kita masing-masing.

Demikianlah pembahasan tersebut semoga kita bisa menjauhinya agar mutiara yang terdapat dalam diri masing-masing bisa menjadi kemuliaan dan selamat dunia akhirat aamiin, Wallahu Wa'lam Bissawaf.

 

Jumansur, S. Pd. i