15 Ciri Suami Yang Baik Menurut Pandangan Islam

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

بِسْمِ ٱللَّٰهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ كَانَ بِعِبَادِهِ خَبِيْرًا بَصِيْرًا، تَبَارَكَ الَّذِيْ جَعَلَ فِي السَّمَاءِ بُرُوْجًا وَجَعَلَ فِيْهَا سِرَاجًا وَقَمَرًا مُنِيْرًا. أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وأََشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ ورَسُولُهُ الَّذِيْ بَعَثَهُ بِالْحَقِّ بَشِيْرًا وَنَذِيْرًا، وَدَاعِيَا إِلَى الْحَقِّ بِإِذْنِهِ وَسِرَاجًا مُنِيْرًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. أَمَّا بَعْدُ

TEMA

15 Ciri Suami Yang Baik Pada Tangga Dalam Pandangan Islam

Jumansur.com Dalam kesemapatan ini mari kita beryukur kepada Allah SWT atas nikmat yang berikan kepada kita semua, Salam Shalawat kepada Rasulullah SAW semoga dengan shalawat itu kita semua mendapat Rahmat dari Allah dan syafaat Rasullullah di akhirat nanti. Pada tulisan kali ini akan di uraikan tentang ciri suami yang baik dalam pandangan Islam, semoga dengan tulisan ini kita bisa mengambil pelajaran dan teladan untuk bekal dan mendapatkan rumah tangga yang Zakinah, Mawaddah, Warahmah.

Pertama: Memberi Yang Benar

Jadi Dalam Rumah Tangga ciri has suami yang baik itu adalah memperhatikan Pendidikan agama kepada anggota keluarganya, karena dia wajib sadar bahwa dia adalah pemimpin dan akan di mintai pertanggung jawaban terhadap apa yang di pimpinnya, oleh karena itu seorang suami yang baik adalah mengejarkan pengetahuan agama islam nah kalu dia pribadi terkendala maka anak-anaknya sekolahkan kelembaga Pendidikan yang berbasis pesantren karena di Lembaga inilah generasi islam di cerdaskan dengan ilmu agama yang  memadai.

Kedua: Pekerja Mencari Rezki Yang Halal

Termasuk pula ciri suami yang baik itu Ketika dia bekerja mencari rezki untuk di berikan kepada anggota dengan cara yang halal, apa pun propesinya bukanlah soal yang penting dia memiliki etos kerja yang baik demi terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan rumah tangga. Seperti menyediakan Tempat Tinggal, sumber makanan dan pakaian yang memadai kepada anggota keluarganya yang dalam tanggunnya, terutama istrinya. Orang tuanya yang membutuhkan bantuannya.

Seperti yang dijelaskan dalam Al-Qur'an surat Ar-Rum ayat 40. Sebagai berikut:

ٱللَّهُ ٱلَّذِى خَلَقَكُمْ ثُمَّ رَزَقَكُمْ ثُمَّ يُمِيتُكُمْ ثُمَّ يُحْيِيكُمْ ۖ هَلْ مِن شُرَكَآئِكُم مَّن يَفْعَلُ مِن ذَٰلِكُم مِّن شَىْءٍ ۚ سُبْحَٰنَهُۥ وَتَعَٰلَىٰ عَمَّا يُشْرِكُونَ

Artinya: Allah yang menciptakan kamu, kemudian memberimu rezeki, lalu mematikanmu, kemudian menghidupkanmu (kembali). Adakah di antara mereka yang kamu sekutukan dengan Allah itu yang dapat berbuat sesuatu yang demikian itu? Mahasuci Dia dan Mahatinggi dari apa yang mereka persekutukan.” (QS. Ar-Rum : 40)

Ketiga: Menjaga Kesehatan dan Rohaninya,

Sering kali dalam sebuah rumah tangga Kesehatan jasmani dan rohani tidak di perhatikan, akibatnya kebahagian tidak dinikmati dengan baik hingga menyusahkan anggota keluarga yang lain, maksudnya ialah seorang suami yang baik selalu berhati-hati dan waspada agar tidak cerobah dalam menjaga keselamatan dalam beraktifitas toh kalau sudah maksimal masih ada kendalah Kesehatan itu berarti ujian dari yang maha kuasa, terjaganya Kesehatan rohani di maksudkan ialah menjaga agar pikiran tetap terkotrol, perasaan menyenangkan, terkendali dan yang paling penting ialah terpelihara teteap istiqoma bertaqwa kepada Allah SWT, ini yang di maksud ciri suami yang baik menurut islam.

KeEmpat: Bersikap Pelindung, Penjaga dan pemelihara

Jadi termasuk suami yang baik itu ialah Ketika suami di sampin memilihara dirinya dia juag menjaga serta memelihara dan melindungi anggota kelurganya dari berbagai ancaman bahaya yang bisa memecah keutuhan rumah tangga, dalam hal ini suami yang baik tidak mempublikasikan kekurangan kekurangan yang prinsip dalam ruamah tangganya bila ada terjadi, seperti dia menutup kekurangan istri, dll. Mengenai hal ini  Allah SWT mejelaskan dalam surah At-Tahriim, ayat 6, sebagai berikut:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu (dan anakmu) dan istrimu dari api neraka, yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya adalah malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka.Dan mereka selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. At-Tahriim 6).

jadi menjadi peminpin itu adalah mandat bagi suami dalam rumah tangga ini jelaskan dalam Alquran surat An-Nisa, ayat 34 sebagai berikut:

الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ بِمَا فَضَّلَ اللَّهُ بَعْضَهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ وَبِمَا أَنْفَقُوا مِنْ أَمْوَالِهِمْ ۚ

Artinya: Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari mereka.” (Surat An-Nisa' ayat 34).

KeLima: Senang Bergaul dan Bertutur Kata yang Lembut

Ciri-ciri suami yang baik itu terlihat dalam pergaulannya, dia senang bergaul dengan orang yang sholeh dalam bertutur kata dengan lemah lembut Ketika ada yang menyimpan menurutnya dia memperbaiki cara dan mausah. Seperti yang terangakan oleh Allah SWT dalam Al-Qura'an sebagai berikut:

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ   ۖ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ   ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فى الْأَمْرِ  ۖ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ   ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ

Bacaan Huruf Latim:  bimaa rohmatim minallohi lingta lahum, walau kungta fazhzhon gholiizhol-qolbi langfadhdhuu min haulika fa'fu ‘an-hum wastaghfir lahum wa syaawir-hum fil-amr, fa izaa ‘azamta fa tawakkal ‘alalloh, innalloha yuhibbul-mutawakkiliin.

Artinya: Maka berkat rahmat Allah engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka.Sekiranya kamu bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu.Karena itu maafkanlah mereka dan mohonkanlah ampun untuk mereka, dan bermusyawaralah dengan mereka dalam urusan itu.Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakal.(QS. Ali Imran: 159)

 KeEnam: Senang  berlaku Kasih Sayang

Dalam kesehariannya suami yang baik ialah senantiasa bergaul dengan penuh kasih sayang, meski pun sedik marah akan tetapi tetap memperlihatkan kata-kata dan sikap kasih sayang, apalagi kepada istrinya marahnya itu lah bunga-bunga cinta dan kasih sayang, marah di mulut tetapi sayang di dalam hati. Ini sudah di contohnya oleh Rasulullah SAW kepada istrinya. Dalam berumah tangga Wanita adalah pusat kasih dan sayang jadi kalau mau rumah tangga yang kuat dan maka pengertiaanlah kepada istri.

KeTuju: Bepenampilan Bersih Dan Islami

Sering kali suami tidak memperhatikan cara penampilannya pada hal l ini sangat mencermkinkan ciri suami yang baik karena pakain asal-asalan adalah cerminan dari sikap kepribadian dalam berakhlakul karima yang tidak sesua dengan apa yang di ajarkan dan di contohkan Rasulullah SAW

KeDelapan: Bersikap Lapang saat Sendiri

Jadi Seorang suami Ketika lagi tidak bersama dengan pasangannya atu istrinya dia mampu melayani diri sendiri tanpa mengeluh seperti, masak sendiri, cuci baju sendiri bersih-brsih sendiri, bahkan tetap istiqama menjaga kesuciannya di hadapan Allah SWT.

KeSembilan: Memiliki kepribadian Pemaaf

Jadi termasuk juga ciri suami yang baik Ketika memiliki sipat mudah memaafkan kesalahan orang lain terutama kepada anggota kelurgannya terkhusus kepada istrinya sempanjang tidak bertentangan dengan syariat islam dalam memaafkan karena ada juga batasan dalam hal-hal tertentu, contohnya terang-terangan melanggar norma-norma agama. Juga Karena sifat pemaaf ini adalah sangat di utamakan dalam

Ke Sepuluh:Tidak Senang Berdebat

Bertengkar atau berdebat dalam rumah tangga adalah hal yang tidak mungkin tidak terjadi akan tetapi ciri suami yang baik dia Ketika ada masalah maka tidak mendebat akan tetapi berdiskusi hangat dalam menemukan solusinya serta menghargai semuan pendapat dan dalam situasi yang panas selalu terkendali baik dalam tidakan maupun ucapan akan tetap dalam kerana ucapan adalah doa.

KeSebelas: Kalau berjanji dengan cara yang baik

Dalam Rumah tangga suasan berjanji merupak hal sering terjadi aka tetapi ciri suami yang baik Ketika berjanji maka dia berjaji dengan hal yang baik dan serius dalam menyatakan janji itu walaupun dalam jangka waktu yang belum di tentukan, janji ini juga terutam berjanji kepada istri demi untuk menyenangkan hatinya adalah bentuk perhatian kepada istrinya.

KeDua belas: Menjaga Harta Istri tetap aman

Jadi dalam rumah tangga tidak semua harta adalah milik suami akan tetapi terdapat juga harta istri seperti mahar, hasil dari kerjanya sendiri, pemberian suami, warisan dari orang tuanya dan lainnya. Maka ciri suami yang baik akan mejaga hartanya agar tetap aman dan utuh, kalupun suami mau menggunakan makan dia minta isin kepada istriunya, bahkan tidak boleh menklain sebagai miliknya.

Sesuai di jelaskan dalam  Alquran Surat An-Nisa' ayat 4

وَآتُوا النِّسَاءَ صَدُقَاتِهِنَّ نِحْلَةً ۚ فَإِنْ طِبْنَ لَكُمْ عَنْ شَيْءٍ مِنْهُ نَفْسًا فَكُلُوهُ هَنِيئًا مَرِيئًا

Artinya: Berikanlah maskawin (mahar) kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian dengan penuh kerelaan,Kemudian jika mereka menyerahkan kepada kamu sebagian dari maskawin itu dengan senang hati, Maka makanlah (ambillah) pemberian itu (sebagai makanan) yang sedap lagi baik akibatnya.” (Surat An-Nisa' ayat 4).

KeTiga Belas: Senang Memuliakan Keluarga

Termasuk ciri suami yang baik itu juga adalah memuliakan kelurga baik kelurganya sendiri maupun kelurga istrinya, dalam sikap memulaikan ini, itu di ajarkan dalam agama islam bahwa kita tidak di benarkan bahwa baru mau memuliankan Ketika banya hartanya, tinggi pangkatnya, bagus penampilannya,atau dia beketurunan raja dan lainnya.

Ke Empat Belas: selalu merasa senang melihat istrinya

Hati suami yang baik itu adalah selalu terawat rasa senanng kepada pasangannya maksudnya ialah, tidak suka atau mudah melirit kesana kemari Ketika melihat pemandangan yang indah di sekitarnya akan tetapi memiliki keteguhan hati untuk menjaga perasaan tetap adem walaupun dalam ajaran agama islam di prbolehkan akan tetapi ad acara dan pendekatan yang syariat.

Ke Lima belas: Tidak memiliki sifat bahkil

Jadi ciri suami yang baik itu ialah dalam dirinya dipenuhi dengan sifat murah hati dan menjauhi sifat atau prilaku yang kikir baik kepada diri sendiri, kepada keluarga bahkan kepada istri dan anak-anaknya sepanjang itu bisa di kendalikan menurut aturan-aturan yang di ajarkan dalam agama islam.

Demikialah pembahasan ini mengenai ciri suami yang baik menurut islam semoga bisa menjadi masukan yang berarti dan bisa di paraktekan dalam kehudupan sehari-hari aamiin, selanjutnya di berikan saran yang membangun demi kebaikan kita semua maaf atas segala kekurang Wallahu Wa'lam bissawaf Assalamu alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh.

Hormat kami

Jumansur, S. Pd.I