10 Tips Agar Rajin Shalat Subuh Berjamaah

10 Tips agar Sukses Dalam Sholat Subuh Dengan Berjamaah

Jumansur.com– Mari tingkatkan kesaran agar selalu mensyukuri nikmat Allah SWT, karena dengan mensyukuri maka akan mendatangkan ridho Allah SWT, Palin tidak kita mengucapkan Alhamdulillah, Agar kita mudah mendapat syafaat Rasulullah Saw maka mari kita bershalawat dengan mengucapkan Allahummasholli Alaa Sayidina Muhammad.

subuh adalah salah satu waktu sholat Wajib dalam agama , shalat ini pulalah seringkali ummat islam tidak lagi  di kerjakan pada waktu yang tepat, jangankan terlambat di kerjakan secara berjamaah di masjid, kadangkala di dalam keadaan sendiri sering kali terlambat didirikan, apa lagi kalau mau di kerjakan secara istiqamah hanya ummat yang memiliki kwalitas keimana dan ketaqwaan yang tinggi yang mampu melakukannya,

Maka agar pelaksanaan sholat subuh tepat waktu dan bisa di kerjaakan di masjid secara berjamaah serta di pertahankan sikap istiqamah maka berikut ada 10 tips agar rajin sholat subuh berjamaah:

Pertama: Menjaga Keikhlasan

jadi keikhlasan merupakan bagian dari tips yang sangat penting di dalam memutifasi ummat dalam mengerjakan , sebab tanpa sikap keikhlasan orang tidak akan mampu mendirikan sholat subuh apa lagi berjamaah di masjdi secara teratur, karena sikap ikhlas ini berarti tidak ada harapan kecuali mengharapkan ridho Allah SWT, dan orang munafik tidak memiliki sikap ikhlas ini.

Oleh karena itu jika terkadang kita di datangi sikap malas dalam bangun sholat subuh dan di kerjakan di masjid dengan berjamaah, maka itu bersamaan sikap ikhlas anda kecil dalam diri, apa lagi kalau sudah menganggap biasa saja kalau tidak mengerjakan shalat subuh tepat waktu dan berjamaah di masjid, maka itu bertanda keiklasan anda sudah mulai menuai, ingatlah bisa saja anda sudah tergolong orang munafik.

Kedua; Memilki Tekat Yang Kuat

Nah Kalau betul-betul orang sudah menganggap bahwa ketinggal sholat subuh apa lagi tidak menunaikannya dengan berjamaah adalah termasuk orang yang merugi, maka pasti dia akan mengantisipasi hal itu bisa dia alami, karenanya dia akan bertekat yang kuat agar tidak ketinggalan sholat subuh tepat waktu dengan berjamaah di masjid.

Untuk membuktikan wujud nyata dari sikap tekatnya itu maka sebelum dia tidur maka dia akan mempersiapkan diri dan mengantisipasi sedini mungkin sengan , mempercepat tidur dan bangun sholat tahajjud, ataukah dia akan mepersiapkan alat agar bisa membangunkannya tepat di waktu subuh.

Jadi tipsnya adalah persiapkan diri anda untuk sholat subuh berjamaah di masjid senbelum anda tidur dengan cara upaya yang bisa membantu anda agar tidak ketiduran.

Ketiga; Jangan Terpengaruh Kondisi

Kondisi disekitar kita seringkali menjadi penghambat untuk anda bisa menunaikan sholat subuh tepat waktu dan di laksanakan secara berjamaah di masjid, entah itu cuaca ataukah lingkungan di sekelilin kita, seperti orang-orang di sekitar kita malas shalat subuh berjamaah di masjid, dan kelihatan hidupnya sejahtera, sehat, atauka damai-damai saja, hingga karena melihat itu andapun menyimpulkan bahwa sholat subuh berjamaah itu tidak memberikan solusi hidupnya

Oleh karena sangat penting kita selalu mencontohi teladan kita orang beriman yaitu Rasulullah Saw, parasahabat dan orang-orang sholeh yang di jamin oleh Allah akan mendapatkan dunia akhirat.

Ke Empat; Sedapat Mungkin Hindari Dosa

Jadi dosa itu akan membuat kondisi anda menjadi berat untuk melakukan amal , termasuk sholat subuh ketika dosa kita berlumuran maka hati akan gelap hingga hanya terisi kemaksiatan.

Maka kalau hati sudah terselimuti dengan maksiat akibat dari dosa yang menumpuk yang sudah kita lakukan maka sangat sulit mendapatkan cahaya ilahi, Oleh karena itu tidak ada jalan lain untuk mendaptkan istiqamah dalam menjalankan sholat subuh dengan berjamaah maka bertaubat dan menjauhi sumber dosa wajib kita miliki, seperti jauhkan panca indera dari berbuat dosa, bersihkan harta dari haram, perbaiki niat dan penyakit hati.

Kelima:  Bersahabatlah dengan orang sholeh

Jadi termasuk tips untuk istqamah dalam shalat subuh berjamaah ketika anda menyarin orang yang di dekati untuk bergaul, karena orang yang anda ambil sebagai teman itu akan banyak pengarunya dalam kehidupan kita, maka kalau yang selama ini yang anda temani adalah kesenagannya lalai maka andi bisa terpengaruh dengan kelalaiannya, namu ketika anda berteman dengan orang yang senang dan hoby beribdah maka ada orang yang selalu menjadi contoh yang menemani dan menjadi masukan kepada anda.

jadi pilihlah sahabat yang bisa mengantarkan anda selalu ingat kepada Allah SWT, dan jangan terpengaruh kepada mereka yang senangnya berbuat yang sia-sia.

Kalau berteman dengan penjual minyak walupun tidak membeli binyak maka anda akan terkena dengan minyaknya, namu ketika anda berteman dengan penjual wangi-wangian walaupun tidak membeli maka kita akan tercium dengan wanginnya parpum.

Ke Enam: Memperhatikan Cara Tidur

Jadi Tips Tidur juga perlu di perhatikan seperti jangan tidur terlalu malam, ataukah meneladari cara tidur yang di contohkan oleh Rasulullah Saw. Yaitu berdhuh, berdoa dan posisi tidur yang di ajarkan.

Ke Tuju:Perut jangan kekenyangan

Jadi cara mengisi perut juga berpengaruh di dalam istiqamah menjalankan shalat subuh berjamaah maka dari itu Rasulullah mengarjan bahwa makalah yang halal dan baik, sebagian isi perut untuk makanan sebagian untuk air minum dan sebagian lagi untuk bernafas. jangan tunggu kelaparan baru makan dan jangan terlalu kenyang baru berhenti.

Kedelapan: Selalu Memikirkan Fahdilah di waktu Fajar

Jadi dengan selalu meningat fadhilah waktu fajar maka akan menjadi mutipasi untuk aktif shalat subuh berjamaah di masjid, kerena Rasulullah berpesan bahwa Satu Rakaat saja yang kerjakan itupun sholat di waktu fajar maka nilainya melebihi dunia dan isinya.

Kesembilan: Buat Alat Security

Maksudnya Agar ada kewaspadaan buatlah jam Weker, Telepon, Bel pintu untuk membantu anda agar tidak terhayu dalam nikmatnya bermimpin indah di atas tempat tidur yang nyaman di temani pasangan yang wangi dan mulus.

Kesepuluh: Sering-sering saling Mengajak orang lain

Jadi dengan mengajak orang lain maka dengan sendirinya akan menjadi teguran kepda diri kita masing untuk mejadi contoh dalam istqamah sholat berjamaah di masjid.

Demikianlah pembahasan ini semoga bernilai ibadah Wallahu wa'lam bissawaf.

 

Penulis

Jumansur, S.Pd. i