7 Manfaat Buah Pisang untuk Berbuka Puasa yang Wajib Kamu Tahu!

manfaat buah pisang
7 Manfaat Buah Pisang untuk Berbuka Puasa yang Wajib Kamu Tahu! | Image by: freepik (Ilustrasi)

JUMANSUR.com – Selain enak dan murah, memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Karena itulah, mari simak manfaat buah pisang untuk berbuka dan bagi manusia di ini.

Nampaknya sesuatu yang ada di depan mata seringkali tidak kita perhatikan atau bahkan terlupakan. Misalnya pisang, buah yang ‘merakyat' karena sangat familiar dan populer di kalangan masyarakat Indonesia dan .

Apa Saja Manfaat untuk Berbuka Puasa yang Wajib Kamu Tahu?

Untuk mendapatkan banyak nutrisi dari buah pisang, kita bisa memakannya dengan mudah dan dengan berbagai . Bisa dimakan langsung, ditambah menu sarapan dengan oatmeal untuk dijadikan smoothies.

Namun, cara mengkonsumsinya, yang terpenting adalah khasiat yang dikandungnya tetap terjaga dan dapat diolah secara optimal di dalam tubuh. Berikut ini adalah manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh untuk menunjang ibu hamil.

1. Meredakan nyeri haid

Nyeri haid memang tidak bisa dihindari bagi sebagian wanita. Jika kamu salah satu dari mereka yang terbiasa dengan hal ini dan bergantung pada pengobatan, kamu mungkin ingin beralih ke pisang.

Pisang mengandung vitamin B6 yang tinggi. Ada beberapa penelitian yang mengklaim bahwa ramuan ini efektif untuk meredakan nyeri PMS (Premenstrual Syndrome).

2. Menjaga imunitas

Sejak pandemi, imunitas menjadi topik yang harus diperhatikan semua orang. Memiliki kandungan vitamin yang snagat banyak, jadi tidak heran kalau buah pisang juga bisa menambah imunitas tubuh.

3. Memperlancar aliran darah ke otak

Terkait dengan poin pencegahan hipertensi, manfaatnya juga terkait dengan darah.

Otak yang cukup menerima nutrisi dan oksigen yang dibawa oleh darah akan berfungsi lebih baik untuk dan berpikir.

4. Berpotensi menurunkan kadar kolesterol jahat

Memiliki kandungan serat yang banyak, maka tidak heran kalau buah pisang bisa menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh. Tanpa plak, pembuluh darah akan bersih dari timbunan lemak dan kolesterol jahat akan .

5. Kaya serat kompleks

yang pertama adalah pisang terdiri dari serat, serat kompleks yang mudah dicerna.

Serat yang mudah dicerna memiliki sifat memperlambat proses pemecahan makanan sehingga membuat kamu kenyang lebih lama.

Pisang cocok untuk sarapan karena tidak membuat kamu merasa terlalu kenyang untuk tidur, tetapi mencegah perut lapar untuk memulai aktivitas di pagi hari.

6. Menjaga kesehatan jantung

Para ahli percaya bahwa makanan kaya serat sangat baik untuk kesehatan jantung.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Leeds di Inggris, memperbanyak konsumsi makanan kaya serat seperti pisang dapat menurunkan risiko berbagai gangguan jantung.

7. Memulai sistem pencernaan

Pisang memiliki rasa manis yang berguna untuk menimbulkan rasa kenyang, dan rasa asam merangsang organ tubuh yang berhubungan dengan sistem pencernaan.

Penutup

Kalau kamu suka buah pisang, maka juga harus mengetahui manfaat buah pisang apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.