Dzikir  

45 Paedah Atau Manfaat Dzikir Beserta Contoh Dzikir, Dalilnya Dan Kisahnya

45 PAEDAH ATAU MANFAAT DZIKIR KEPADA ALLAH SWT

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

 بِسْمِ ٱللَّٰهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Jumansur.com Besyukur Kepda Allah dengan mengucapkan Alhamdulillah Bershalawat kepada dengan mengucapkan Allahummasholli Wasallim wabarik Alai.

Pembahasan ini akan di uraikan keutamaan-keutamaan Ketika kita senangtiasa berzikir kepada Allah SWT. Uarain ini semoga menjadi mutifasi agar kita selalu tertarik membiasankan diri  dalam pengamalan Zikir kepda Allah SWT, dalam pribadi, onggota keluarga dan lingkungan sekitar kita. Zikir berarta dengan melafas kalimat Zikir maka hati dangan ingat khusu kepada Allah SWT,

Berkaitan tentang penegasan perintah berzikir oleh Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an sebagai berikut:

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ

“Maka ingatlah pada-Ku, maka Aku akan kalian.” (QS. Al Baqarah: 152)

ini adalah salah satu contoh lafash  Zikir yang biasa di anjurkan oleh Rasulullah SAW dan para kita ialah sebagai berikut:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ

أَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ الَّذِي لآ إِلَهَ إِلَّا هُوَ اْلحَيُّ اْلقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

لاَ إِلَهَ إِلَّا اللهُ

لاَ إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ اْلمُلْكُ وَلَهُ اْلحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلاَمُ، فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلاَمُ وَأَدْخِلْنَا اْلجَنَّةَ دَارَ السَّلاَمِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ

إِلَهَنَا رَبَّنَا أَنْتَ مَوْلاَنَا

سُبْحَانَ اللهِ سُبْحَانَ اللهِ

سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ دَائِمًا أَبَدًا

اَلْحَمْدُ ِللهِ اَلْحَمْدُ ِللهِ

اْلحَمْدُ ِللهِ عَلىَ كُلِّ حَالٍ وَفِي كُلِّ حَالٍ وَبِنِعْمَةِ يَا كَرِيْمُ

اللهُ أَكْبَرُ

اللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَاْلحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ اْلمُلْكُ وَلَهُ اْلحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ.

وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ اْلعَلِيِّ اْلعَظِيْمِ

أَسْتَغْفِرُ اللهَ اْلعَظِيْمَ  إِنَّ اللهَ غَفُوْرٌ رَحِيْمٌ

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ

Penjabarannya paedah hasil zikir ialah dikelompokkan kedalam masing-masing kelompok sebagai berikut:

Pertama Paedah Dzikir Pada Hati atau Ruh Manusia.

(1) Menenagkan hati tidak gelisah dan hati (2) menjauhkan penyakit-penyakit  hati seperti sombong, dengki, riya, rakus, iri 3 mengembalikan hati kepada Allah atau sebut Inabah kepada Allah keadaan apapun(4) dengan zikir hati dan ruh semakin kuat. Jadi kalau tidak berzikir maka hati dan ruhnya kehilangan kekuatannya. (5) hati akan semakin Ketika zikirnya tetap rutin, 6) membuat hati semakin mengkilap yang boleh jadi sebelumnya berkarat hatinya. Jadi kalau hati lalai dari dzikir pada Allah maka hati akan berkarat ,(7) dzikir akan membangunkan hati yang tertidur lelap,(8)Dengan rajin berzikir Hati bisa jadi sadar. (9) dengan berzikir mengembalikan hati kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala(10) dengan berzikir kepada Allah membuat hati yang keras seprti batu bisa melunak dan menerima masukan baik.

Kedua Paedah Dzikir Terhadap Akal Pikiran.

(1)dengan berzikir mejadikan perpikiran yang baik dan sehat, (2) Dengan Zikir menjadikan akal pikiran selalu dalam kendali (3) dengan berzikir akal mudah menerima dan menyerap ilmu pengetahuan(4) dengan selalu berzikir maka pikiran akan mudah konsentrasi(5) dengan selalu Berzikir akal akan menimbulkan ide baru yang bermanfaat(6) Dengan berzikir akan selalu berpikiran positif jauh dari pikiran negative(7) dengan berzikir akal akan berpikir bersama dunia dan akhirat.

Ketiga Paedah Dzikir dalam Kesehatan

(1).dengan berzikir mata kita akan melihat cahaya Allah takut melihat yang haram dan batil(2) dengan Berzikir Telinga kita akan suka mendengar kebaikan dan risih terhadap suara jelek seperti kasar, murka, marah, jorok, dan pnginkaran kepada Allah SWT(3) dengan berzikir hudung kita akan selalu senang mencium keharuman yang sunnah (4) dengan berzikir mulut kita akan terjaga dan terkontrol dari perkataan tercela dan setiap yang terucap mengandung nilai di sisi Allah SWT.(5) dengan berzikir maka wajah kita bersih bersinar berseri seri karena cahaya kemuliaan(6) dengan berzikir maka tangan dan jari jemari kita akan ringan membantu dalam kebaikan dan takut menjama yang bukan hak yang benar, terampil dalam berkarya. (7). Kalau kita Rajin berzikir maka kaki kita akan ringan melangka kepada kebaikan sepeti rajin berjalan kemasjid dan tidak akan berjalan menuju (8) dengan berzikir maka tubuh kita taku berpakain yang tidak halal dan tidak sopan serta tidakmenutup aurat.

Keempat Paedah Dzikir Tehadap Pekerjaan

(1) dengan berzikir akan mencari pekerjaan dengan jalan yang benar menurut syariat (2) dengan berzikir perkejaannya berada diurutan kedua dari beribadah kepada Allah SWT (3) dengan berzikir makan akan Amanah dalam tugasnya(4) dengan berzikir makan akan loyal terhadap rekan kerjannya.

Kelima Paedag Dzikir Terhadap Benda

(1) harta akan berkah karena Rajin berziki(2) dengan berzikir hartanya akan berlimpah ruah(3) dengan berzikir maka hartanya akan di peroleh dari jalan yang halal(4) dengan berzikir hartanya akan diperoleh dengan jalan yang mudah (5)dengan berzikir harta akan mudah dibelanjakan di jalan yang di ridhoi oleh Allah SWT (6) dengan berzikir maka harta akan menjaga pemiliknya karena di jaga oleh Allah SWT(7) dengan berzikir harta akan menjadi penyelamat dunia akhirat.

Keenam Paedah Dzikir Terhadap Kesehatan dan Gangguan-Gangguan Mahluk Gaib

(1)dengan berzikir maka dapat mengusir syaitan(2) dengan berzikir maka akan terhidar dari kejahatan gaib seperti guna-guna, pelek, sihir dan semacamnya(3)  kalau rutin berzikir maka tidak mudah kena peyakit (4) dengan rajin bersikir maka akan di berkahi dan Panjang umurnya (5) dengan berzikir maka insya Allah akan terhindar dari musibah (6) dengan raji berzikir maka akan sehat jasmani dan rohaninya

KeTuju Paedah Zikir terhadap Nafsu

(1)ummat yang rajin berzikir kepada Allah SWT maka dia akan terhindari dari nafsu ammarah (2) zikir yang rutin itu dilakukan maka kita akan memiliki nafsu mutmainnah (3) karena berkah zikir yang istqoma maka dia sampai kepada nafsu Mardiyah yaitu nafsu yang gembira dan di gembirakan oleh yang Maha Kuasa.

Jadi orang yang istiqamah berzikir maka kelak akan mendapatkan tempat istimewa dari Allah SWT dunia akan mendapatkan surga dunia senang dan di senangi oleh sesama.

Kisah  Rasulullah dan sahabat yang berkaitan bukti dan balasan Allah bagi yang mengamalkan dzikir

Diksahkan dalam sebuah riwayat terpercaya bahwa pada masa lalu ada sahabat rasulullah SAW yang bernama AUF BIN MALIK bersama istrinya tergesah-gesah dan sangat ketakutan menghadap dan mengadu kepada Rasulullah SAW,yaa Rasullah mala petaka telah menimpa kami ,orang-orang kafir telah mengambil dan menawan anak kami beserta domba-domba gembalaanya yaa Rasulullah apa yang harus kami lakukan Ya Rusulullah, selamatkan anak kami ya Rusulullah, melihat dan  mendengar pengaduan cerita Auf bin Malik, maka Rasulullah  SAW memintanya kepadanya dan istrinya agar bersabar menunggu dan jangan terus-menerus mengeluh bersedih di sertai ketakutan. maka saat itu juga Rasulullah SAW Agar  hatinya Auf bin Malik dan istrinya merasa tenang, maka Rasulullah SAW menhimbau agar  banyak membaca berzikir kepada Allah SWT.  Rasulullah SAW bersabda, ”Wahai Auf , perbanyaklah membaca zikir “LAA HAULA WA LAA QUWATA ILLA BILLA ‘ALIYYIL ‘AZHIM.” artinya (Tidak ada daya dan kekuatan kecuali pertolongan  dari Allah SWT yang Maha Tinggi dan Maha Agung).”  maka dengan antusias, Auf Bin Malik juga  istrinya melaksanakan perintah Rasulullah SAW.

Beberapa saat berlalu berkat pertolongan Allah SWT dengan berkah zikir yang dibaca oleh Auf  bin Malik dan istrinya, di luar dugaan Auf bin Malik juga  istrinya,  tiba-tiba anaknya muncul tiba lalu bercerita dia meloloskan diri saat para orang-orang kafir itu lengah dari pengawasan perhatiaanya. buka cuma dia bisa lolos tapi juga  4.000 ekor dombanya bisa di loloskan dari orang-orang kafir tersebut di luar nalar manusia, Itulah pembuktian pertolongan  Allah  SWT dan memberikan  kepada hamba-Nya yang bertaqwa memperlihatkan jalan keluar  dari kesulitan dan permasalah yang sedang dihadapi. Menyakisikan kenyataan ini begitu senang dan bahagianya Auf bim Malik dan istrinya menemui anaknya  bisa kembali ke rumah dalam selamat dan keadaan sehat serta bersama domba-domba gembalaannya.

Dari keberlangsungan kisah itu bisa kita ambil pelajaran bahwa tidak ada hamba yang tidak luput dari ujian Allah SWT. Rasulullah SAW memberikan contoh bahwa ketika menghadapi masalah dan kesulitan atau cobaan, maka hendaklah kita bersabar terlebih dahulu dan  sambil memperbanyak berzikir kepada Allah SWT. dengan sendiri akan timbul berpasrah diri kepada Allah SWT membuat hati, pikiran yang tadinya gunda gulana akan menjadi tenang tercerahkan dan hasilnya pertolongan Allah SWT  pun  dari arah yang tidak disangka-sangka akan diperlihatkan kepada kita itulah wujud nyata kejadian dari kisah yang nyata.

Demikianlah pembahasan tentang kumpulan beberapa paedah berzikir juga contoh lafash zikir kepada Allah SWT berserta kisah nyata sebagai pembuktian dari Janji Allah SWT  bagi siapa dari hamba Allah SWT  dan ummat Nabi Muhammad SAW yang mengamalkan selalu berzikir mendekatkan diri kepada-NYA. Lebih dan kurangnya kiranya di maafkan Syukran kastir

Wallahu Wa'llam Bissawaf

Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dengan Hormat

 

Jumansur, S. Pd.I