Agama  

Perbuatan yang Termasuk Syirik Akbar Menurut Alquran dan Hadits Rasulullah SAW

JUMANSUR.COM- adalah perbuatan yang sangat dilarang dalam agama . Akbar adalah perbuatan menyekutukan Allah dengan sesuatu yang lain, baik itu berupa tuhan lain, benda mati, atau makhluk . Dalam dan Rasulullah SAW, terdapat beberapa perbuatan yang termasuk dalam kategori Syirik Akbar. Berikut ini adalah beberapa perbuatan yang termasuk Syirik Akbar sesuai dengan Alquran dan hadits Rasulullah SAW.

1. Berdoa atau meminta pertolongan kepada selain Allah

Dalam surat Al-Fatihah ayat 5, Allah SWT mengajarkan kepada kita untuk hanya meminta pertolongan kepada-Nya. Berdoa atau meminta pertolongan kepada selain Allah adalah perbuatan yang termasuk dalam kategori Syirik Akbar. Kita harus memahami bahwa hanya Allah yang memiliki kekuatan untuk memenuhi segala permohonan kita.

2. Menyembah berhala atau patung

Dalam surat Al-An'am ayat 74, Allah SWT memperingatkan umat manusia tentang bahaya menyembah berhala atau patung. Menyembah berhala atau patung adalah perbuatan yang jelas-jelas bertentangan dengan . Allah SWT adalah satu-satunya yang patut disembah dan tidak ada yang pantas mendapatkan selain-Nya.

3. Berlaku sombong dan merasa diri lebih hebat dari Allah

Dalam surat Al-A'raf ayat 146, Allah SWT mengingatkan kita untuk tidak berlaku sombong dan merasa diri lebih hebat dari Allah. Merasa diri lebih hebat dari Allah adalah perbuatan yang sangat tercela. Kita harus selalu bahwa Allah adalah Sang Pencipta dan segala kekuasaan ada pada-Nya.

4. Mengikuti ajaran agama selain Islam

Dalam surat Ali Imran ayat 85, Allah SWT menjelaskan bahwa agama yang diterima di sisi-Nya hanyalah Islam. Mengikuti ajaran agama selain Islam adalah perbuatan yang termasuk dalam kategori Syirik Akbar. Sebagai umat Islam, kita harus memegang teguh ajaran Islam dan menjauhi segala bentuk penyimpangan agama.

5. Mengklaim memiliki ilmu gaib atau kekuatan supranatural

Dalam hadits riwayat Abu Daud, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mendatangi tukang ramal atau dukun kemudian membenarkan apa yang dikatakannya, maka dia telah kufur terhadap apa yang diturunkan kepada Muhammad.” Mengklaim memiliki ilmu gaib atau kekuatan supranatural adalah perbuatan yang jelas-jelas bertentangan dengan ajaran Islam. Kita harus mengandalkan kekuatan dan ilmu yang berasal dari Allah SWT.

Itulah beberapa perbuatan yang termasuk Syirik Akbar sesuai dengan Alquran dan hadits Rasulullah SAW. Sebagai umat Islam, kita harus berhati-hati dan menjauhi perbuatan-perbuatan yang dapat menyebabkan kita terjerumus dalam Syirik Akbar. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk dan kepada kita semua. Amin.

Sekian dan Terima Kasih.