Agama  

Khutbah Jumat: 10 Perbuatan yang Termasuk Dosa Besar

Saudaraku yang dirahmati oleh Allah,

JUMANSUR.COM- Pada kali ini, mari kita bicarakan mengenai 10 perbuatan yang termasuk besar. Dosa besar adalah perbuatan yang sangat dilarang dalam agama karena melanggar hukum-hukum yang telah ditetapkan oleh Allah SWT.

1. Syirik

Syirik adalah perbuatan menyekutukan Allah dengan sesuatu atau seseorang. Allah SWT telah menegaskan dalam Al-Qur'an bahwa syirik adalah dosa yang tidak akan diampuni-Nya.

2. Membunuh

Membunuh adalah perbuatan yang melanggar hak asasi manusia. Allah SWT sangat melarang umat-Nya untuk membunuh sesama manusia tanpa alasan yang benar.

3. Zina

Zina adalah perbuatan berhubungan intim di luar ikatan pernikahan. Allah SWT telah menetapkan pernikahan sebagai bentuk yang sah dan melarang segala bentuk perzinaan.

4. Mencuri

Mencuri adalah perbuatan mengambil hak milik orang lain tanpa izin. Allah SWT telah menegaskan dalam Al-Qur'an bahwa mencuri adalah perbuatan yang sangat dilarang dalam agama Islam.

5. Memakan harta anak yatim

Mengambil harta anak yatim adalah perbuatan yang sangat keji. Allah SWT sangat melarang umat-Nya untuk memanfaatkan harta anak yatim tanpa hak yang sah.

6. Menuduh orang baik berzina

Menuduh orang baik berzina adalah perbuatan yang sangat tidak terpuji. Allah SWT melarang umat-Nya untuk menyebarkan fitnah dan mencemarkan nama baik orang lain tanpa bukti yang jelas.

7. Meninggalkan

Shalat adalah kewajiban utama umat Islam. Meninggalkan shalat tanpa alasan yang sah adalah perbuatan yang sangat dilarang dalam agama Islam.

8. Meninggalkan zakat

Zakat adalah kewajiban bagi umat Islam yang mampu. Meninggalkan zakat adalah perbuatan yang melanggar kewajiban agama dan menghalangi redistribusi yang adil dalam masyarakat.

9. Meninggalkan pada bulan Ramadan

Puasa pada bulan Ramadan adalah salah satu rukun Islam. Meninggalkan puasa tanpa alasan yang sah adalah perbuatan yang sangat dilarang dalam agama Islam.

10. Meninggalkan

Haji adalah kewajiban bagi umat Islam yang mampu. Meninggalkan haji tanpa alasan yang sah adalah perbuatan yang melanggar kewajiban agama.

Saudaraku yang dirahmati oleh Allah, mari kita berhati-hati dan menjauhi perbuatan-perbuatan yang termasuk dosa besar. Kita harus selalu berusaha untuk meningkatkan iman dan kepada Allah SWT agar terhindar dari dosa-dosa yang dapat merusak kehidupan kita di dunia maupun di akhirat. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan hidayah dan ampunan-Nya kepada kita semua. Aamiin.

Assalamu Alaikum Wr Wb.