6 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Dalam 1 minggu Agar Tidak Tersiksa!

cara cepat menurunkan berat badan dalam 1 minggu
6 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Dalam 1 minggu Agar Tidak Tersiksa! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

JUMANSUR.com – Ada beberapa cara cepat menurunkan berat badan dalam 1 minggu. Namun memerlukan perencanaan yang baik, program yang memadai dan kedisiplinan dalam melakukannya.

Dengan begitu, kamu tidak hanya bisa mencapai berat badan ideal saja, namun kamu juga bisa mendapatkan tubuh yang sehat.

Pada dasarnya berat badan seseorang bertambah atau berkurang berdasarkan jumlah kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar tubuh selama beraktivitas.

Asupan kalori berlebihan yang tidak dibarengi dengan atau olahraga teratur dapat menyebabkan penambahan berat badan. Sebab, kalori yang tidak terpakai akan disimpan di dalam tubuh sebagai lemak.

Bagaimana ?

Oleh karena itu, cara cepat menurunkan berat badan dalam 1 minggu perlu mengurangi konsumsi kalori dan memperbanyak aktivitas fisik agar tubuh mampu memecah lemak dan mengubahnya menjadi energi.

menurunkan berat badan dengan cepat

Di bawah ini beberapa cara cepat menurunkan berat badan dalam 1 minggu yang bisa kamu lakukan untuk mencapai berat badan ideal:

1. Tentukan berat sasaran kamu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika ingin cara cepat menurunkan berat badan dalam 1 minggu adalah menentukan penurunan berat badan yang ingin kamu capai.

Tetapkan target penurunan berat badan secara bertahap sebesar 0,5 hingga 1 kg per minggu atau 2 hingga 4 kg per bulan. Tak hanya lebih sehat, menetapkan tujuan dengan cara ini juga bisa membuat berat badan ideal yang kamu capai bisa bertahan lama.

Cara ini juga dapat menghindari berbagai akibat tujuan diet yang terlalu ekstrim, seperti kurang gizi, diare, atau sembelit.

2. Terapkan teratur

Cara cepat menurunkan berat badan dalam 1 minggu adalah dengan membiasakan makan teratur 3 kali sehari, yakni pada pagi, siang, dan malam hari. Sementara ini, kamu bisa mengonsumsi camilan sehat agar tidak makan berlebihan saat jam makan.

3. Perbanyak asupan buah dan sayur

Buah dan sayur merupakan makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat, serta mengandung lebih sedikit kalori dibandingkan jenis makanan lainnya.

Menambahkan keduanya ke dalam pola makan harian kamu dapat menurunkan berat badan sekaligus membuat tubuh kamu lebih sehat.

4. Makan makanan kaya karbohidrat kompleks

Cara cepat menurunkan berat badan dalam 1 minggu selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan kaya karbohidrat kompleks.

Namun, batasi konsumsi karbohidrat sederhana dari makanan yang banyak mengandung gula dan tepung, seperti kue, roti, dan mie.

Konsumsilah makanan sumber karbohidrat kompleks yang kaya serat dan dapat membuat kenyang lebih lama, seperti nasi merah, roti gandum, dan .

5. Makan makanan kaya protein

Pasalnya, protein mampu memberikan efek mengenyangkan lebih lama sehingga kamu tidak makan berlebihan. Beberapa jenis makanan kaya protein antara lain telur, ikan, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, dan produk rendah lemak.

6. Minum lebih banyak air

Minum air putih sebelum makan dapat meredam nafsu makan berlebih dan membuat cepat merasa kenyang, sehingga asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh dapat dikurangi.

Selain itu, disarankan juga untuk minum segelas air terlebih dahulu saat lapar, karena tanda-tanda dehidrasi terkadang menyerupai rasa lapar.

Akhir Kata

Jika cara cepat menurunkan berat badan dalam 1 minggu di atas tidak membuahkan hasil, kamu bisa mencoba metode diet lain, misalnya diet mayonaise, diet DEBM, diet air putih, diet Ornish, atau diet Atkins.

Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menentukan pola makan yang tepat dan sesuai dengan kondisi kamu.

Untuk mencapai target berat badan ideal, kamu memerlukan cara menurunkan berat badan yang tepat dan disiplin dalam melakukannya. kamu juga bisa meminta dokter untuk meresepkan program penurunan berat badan yang sesuai dengan kondisi kamu.