4 Tips Mengontrol Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Kehabisan Uang Bulanan!

tips mengontrol keuangan rumah tangga
4 Tips Mengontrol Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Kehabisan Uang Bulanan! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

JUMANSUR.com – Di sisi lain, tips mengontrol keuangan rumah tangga di .

Bagi kamu yang mengalaminya, tentunya harus ada trik khusus yang harus kamu terapkan agar dompetmu tidak kering setelah momen tersebut. Salah satu cara paling efektif adalah dengan secara sadar mengelola kamu.

Apa Saja Tips Mengontrol Agar Tidak Kehabisan Uang?

Tak hanya itu, kamu juga memerlukan tips mengontrol keuangan rumah tangga. Kebutuhan transfer antar rekening, pembayaran tagihan, pembelian pulsa dan transaksi digital lainnya dapat dilakukan dalam satu aplikasi tanpa harus berganti produk.

Biar gak buang-buang uang, berikut di bulan

Jadi, selain menggunakan aplikasi, tentunya kamu tetap perlu menerapkan tips mengontrol keuangan di bulan Ramadhan. Berikut beberapa tips mengontrol keuangan rumah tangga yang bisa kamu ikuti!

1. Buatlah rencana keuangan

Adapun tips mengontrol keuangan rumah tangga dengan membuat proyeksi pengeluaran dan pemasukan sepanjang bulan Ramadhan.

Untuk itu mulailah dengan mencatat segala kebutuhan kamu dari awal hingga lebaran beserta perkiraan harga/pengeluarannya.

Meski begitu, tetap berpegang pada rencana keuangan yang kamu buat di awal bulan bukanlah hal yang mudah.

Di mobile banking, kamu dapat dengan mudah memantau keuangan dan transaksi kamu secara real time. Dengan cara ini, mencapai finansial bisa lebih mudah.

2. Kamu memerlukan skala

Harus diakui di bulan Ramadhan banyak orang yang dompetnya terkuras. Selain pengeluaran rutin bulanan, ada juga pengeluaran lain khusus bulan Ramadhan.

Saat kamu mengembangkan rencana keuangan dan anggaran kamu, pertimbangkan kembali apa yang penting dan apa yang tidak.

Dengan begitu, kamu bisa lebih berhemat. Tapi, jika harus membeli baju baru, coba gunakan Kartu Debit Tabungan BRI BritAma.

Pasalnya, kartu debit ini menawarkan beberapa diskon menarik dan sangat berguna bagi kamu yang ingin berbelanja dengan cerdas.

3. Tinjau pengeluaran rutin

Rencana keuangan dapat mempersiapkan kita menghadapi situasi yang tidak terduga. Oleh karena itu, selain membuat anggaran, perlu dilakukan peninjauan kembali secara berkala.

Ini dapat dilakukan berdasarkan hari, minggu, atau bulan. Setelah itu, hitung margin yang direncanakan dan biaya sebenarnya. Nilai margin ini akan disesuaikan dengan biaya-biaya selanjutnya.

Jika marginnya kurang, boleh saja melanjutkan rencana keuangan sebelumnya.

Namun, jika pengeluaran kamu lebih tinggi dari rencana, maka kamu perlu menyesuaikan pengeluaran kamu di hari-hari berikutnya hingga mencapai angka ideal yang kamu inginkan.

Jangan lupa gunakan aplikasi BRImo untuk memantau arus keuangan dengan mudah dan lebih berhemat.

4. Bayar kebutuhan kamu dengan Mobile Banking

Tidak dapat disangkal bahwa aplikasi mobile banking sangat membantu kita menjaga keuangan kita.

BRI misalnya, terus berupaya memberikan kemudahan kepada nasabah Tabungan BRI Britama melalui berbagai fitur di BRImo.

Makan direstoran? Cukup scan QRIS. Isi pulsa, bayar listrik, beli token, isi ulang dompet digital dan masih banyak kebutuhan lainnya dengan lebih mudah.

Catat pemasukan dan pengeluaran

Seringkali kita tidak mengkhawatirkan catatan penerimaan dan pengeluaran kita.

Dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran, kita bisa lebih mudah melacak keuangan bulanan kita. Hal ini dapat dilakukan dengan pembukuan sederhana dalam catatan kecil.

Saat ini sudah banyak sekali aplikasi di perangkat yang dapat menampung dan memudahkan pencatatan keuangan.

Catat penghasilan kamu selama sebulan lalu buat item pengeluaran. Buatlah daftar pengeluaran dan tujuan setiap pos pengeluaran secara berkala setiap bulannya.

Dengan begitu kita bisa melihat publikasi yang melebihi target dan bisa menjadi alarm bagi kita dalam mengeluarkan uang. Hal ini akan memudahkan kita dalam .

Perhatikan hal-hal kecil

Jangan anggap remeh hal-hal kecil. Kita cenderung meremehkan pengeluaran kecil yang kita keluarkan, seperti belanja kopi setiap pagi, atau jajan misalnya.

Kebanyakan orang sangat berhati-hati dan cenderung berpikir matang sebelum membeli barang-barang mahal, namun mereka kurang memiliki kendali dalam membelanjakan barang-barang kecil.

Bahkan, mungkin jika digabungkan dalam sebulan, jumlah yang dibelanjakan untuk barang-barang kecil ini akan bernilai lebih dari barang-barang besar.

Hal inilah yang terkadang menyebabkan keuangan kita tidak terkendali. Jadi berhati-hatilah dalam membelanjakan uang, terutama untuk hal-hal kecil.

Penutup

Tips mengontrol keuangan rumah tangga di bulan Ramadhan akan membantu kamu selama bulan suci Ramadhan.