Dampak Teknologi Pada 3 bidang Sosial Kesehatan dan Agama Islam Dalam Kehidupan Manusia

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

بِسْمِ ٱللَّٰهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Dampak  Teknologi  Kepada 3 Bidang Sosial Dan Agama Islam Dalam Kehidupan Manusia

jumansur.com – Dalam waktu ini akan di sajikan tentang informasi mengenai sekitar pekembangan terknologi yang zaman ini kemajuannya sangatlah pesat hingga muncullah dampak-dampak yang banyak berpengaruh di dalam keberlangsungan hidup, dengan adanya tulisan ini pada gilarannya dapat kita pahami bahwa di satu sisi tegnologi adalah sarana mempermudah seluruh aspek kebutuhan dan keperluan manusia, di lain sisi dengan kehadirannya teknologi aka ada pergeseran kebiasaan, nah kalau pondasi dalam diri tentang prinsip hidup yang baik secara menyeluruh, maka berakibat kita memukul rata dalam mengikuti perkembangan terknologi itu, oleh karenanya melalui tulisan ini mudah-mudahan bisa memberikan masukan agar penggunaan teknologi lebih bijak dan mampu menggunakan teknologi kerah yang baik dan mampu terhidar dari arah yang buruk, karena adanya teknologi intinya hadir untuk memberikan akan tetapi penggunalnyaah yang mempergunakaanya kearah yang tidak baik.

Teknologi bermuka 2 sisi positif dan sisi negatif

Tawaran Keberadaan Teknologi yang akan diperoleh bagi mereka yang memanfaatkan dengan baik berikut adalah uraiannya:

Pertama: Dengan hadirnya Teknologi di sekitar kita maka memiliki kemudahan dalam mengakses berbagai macam informasi yang kita butuhkan.

Kedua : Menghemat Waktu, jadi dengan hadirnya teknologi maka semua aktifitas yang kita lakukan dapat mengefesienkan waktu yang tadinya memerlukan beberapa jam dengan menggunakan tenologi mampu memangkas itu

Ke tiga: Pengeluaran finansial juga sangat membantu dengan hadirnya teknologi karana bisa menghemat yang sebelumnya kalau mau bicara wajib ketemu sekarang dengan teknologi kitab bisa bicara sambail melihat gambar video call, dan sebagainya itu diteknologi untuk komunikasi.

Ke empat: Juga dengan hadirnya teknologi di berbagai bidang itu mengalami perkembangan dan penghematan luar biasa, baik di bidang Kesehatan, , Pertanian, militer,  ekonomi dan lainya dengan teknologi mendapatkan kemudahan dalam mencapai hasil yang maksimal baik kwalitas maupun kwantitas.

Ke lima: Di dunia perbankan sekarang sangat di rasakan karena pengaruh teknologi hampir semua transaksi itu suadah digitalisasi dalam pengadministrasian Bank di seluruh dunia sudah mampu di akses.

Ke Enam : Sekarang ini sudah banyak yang muncul -hiburan yang berbasis teknologi modern dan ini begitu mudahnya di peroleh, di tempat tidur bisa bahkan di mana saja bisa menikmati music dan lainnya.

Di bagian lain dengan hadirnya teknologi sangat terlihat dampak-dampaknya. Baik dampak positif maupun dampak negative di timbulkan maka uraian selanjutnya berfokus pada 3 bidang , yakni bidang sosial dan bidang agama dan akan di sisipkan bidang Kesehatan.

Rangkuman Dampak Positif dan negatif yang di timbulkan Dalam Bidang Sosial Dari Tegnologi

Yang pertama: Bahwa dengan kemajuan teknologi komunikasi seperti sedikit di singgung di atas bahwa manusia mudah bersosialisasi antara satu dengan yang lainnya dengan cepat dan hemat bahkan tidak menguras tenaga. Negatifanya, karena bisa berbica lewat telepon maka manusia hilang kerinduan betatap muka dalam berkominikasi.

Ke dua Dengan teknologi keperluan sosialisasi dari berbagai kebijakan oleh pemerintah dapat lebih cepat dikomunikasikan kepada kepada seluruh masyarakat yang berbeda beda tempat dan keadaan. Dampak Negatifnya karena informasi pemerintah sudah sampai kepada masyarakat maka tidak jarang penguasa  merasa cukup tidak memerlukan lagi untuk silaturrahim kepada Rakyatnya.

Ketiga: Dengan teknolgi Informasi yang ada di masyarakat dapat langsung dipublikasikan dan diterima oleh masyarakat. Dampak negatifnya bahwa tidak semua informasi itu berisikan kebaikan, akan tetapi bisa telihat dan terdengar informasi yang merugikan akhirnya bisa mempengaruhi kebersamaan atau persatuan dalam kebaikan. Padahal informasi itu belum tentu keberadaannya benar. Juga lebih berbahaya kalau terjadi anti sosial di lebih senang dengan media di bandingkan berkomunikasi secara langsung.

Ke Empat: Dengan bantuan teknologi maka budaya-budaya manca negara begitu cepatnya di di ketahuai oleh belahan negara yang lain. Dampak negatinya bahwa budaya itu bisa mempengruhi budaya yang bisa merusak budaya lokal hingga meniggalkan budaya yang sudah tertanam.

Ke Lima: dengan kemajuan teknologi mempermudah terjadinya dengan cepat pertukaran pelajar antar satu negara ke negara yang lain. yang di timbulkan adalah Ketika mahasiswa tersebut Kembali kenegara bisa membawa budaya-budaya baru yang bisa saja bertentangan dengan budaya dalam negeri, seperti cara berpakaian, cara berbicara, adab kepada dan lain-lain. begitu pun sebaliknya pelajar yang masuk kenegeri tertentu bisa menyalurkan budaya yang bisa merusak tatanan budaya yang sudah ada.

Ke Enam: Dengan pendekatan Teknologi akan Mempermudah pendistribusian dari karya-karya anak bangsa seperti hasil keterampilan seni, musik, film, fashion maupun furniture ke manca negara sehingga hasil karya bisa terkenal dan memberikan distribusi positif.Dampak negative  yang dapat di timbulkan iyalah akses negara untuk memperkelkan karyanya terbuka begitu lebar jadi kalau anak bangsa tidak memiliki keteguhan maka bisa saja meninggalkan hasil karya sendiri dan yang di geluti adalah hasil karya dari negara-negara lain.

Ke Tujuh: Dengan teknologi memudahkan terjadinya transaksi ekonomi. Danpak Negatinya akan  Muncul budaya  serba instan. Budaya instan bisa memicu timbul pribadi malas karena sudah terlena dengan pesan apa saja bisa terselesaikan dengan mall online seperti Shopee, ojek online dan lainnya.

Dengan terknologi semua kebutuhan sudah ada di genggaman akan tetapi kalau tidak waspada maka teknologi itu bisa berdampak negatif seperti budaya tolong-menolong menjadi berkurang bahkan bisa hilang,  contoh kalau ada kejadian Sebagian ada yang menolong teman, akan tetapi tidak sedikit juga lebih banyak pengambilan gambar foto-foto atau sekadar hiburan menjadi tontonan saja.

Dampak Perkembangan Teknologi di Bidang Kesehatan

Dengan pendekatan teknologi seperti ponsel canggih menjadikan akses akan lebih mudah dan cepat, akan tetapi dampak negatifnya adalah alur-alur koordinasi antara pasien dan unit tugas menjadi lemah bahkan bisa saja hilang.

Dengan teknologi bisa Mengefesienkan penggunaan waktu tunggu pasien,dengan pelayanan lebih prima dan terbaik kepada pasien. Dampak negatif sewaktu waktu ada perubahan takterduga maka akan terjadi diskomunikasi. Karena sudah terjadwal sebelunnya bahkan bisa menimbulakan masalah baru,baiknya itu adalah fasilitas tetnologi dan tetap budaya antrian.

Teknologi Di Bidang Kesehatan maka dapat dengan mudah mendiagnosa penyakit seperti dokter-dokter menggunakan fungsi stetoskop untuk mendeteksi denyut jantung pasien yang berobat.

Dengan tenologi maka  Data Pasien Lebih Mudah dan Aman dalam menyimpannya maka data pasien tersimpan lebih rapi, mudah di akses dan  lebih terpelihara keamanannya. Dampak negatifnya kalau sewaktu terjadi kerusakan system maka bisa data terjadi error, dan hilang

Dengan teknologi Penularan Penyakit berbaya bisa di tekan karena akan mudah dan cepat dalam mengidentifikasi wilayah mana saja terdampak signifikan yang wajib kita jauhi.

Apa Saja Dampak Teknologi Bagi Kehidupan Manusia

Bidang Kesehatan Dalam bidang kesehatan, salah satu penerapan teknologi pada manajemen rekam medis yaitu menggunakan kartu pintar (smart card). sebagai identitas dinas medis.

Keberadaan teknologi di bidang   pada bidang transportasi, misalnya, di teknologi pesawat terbang, mobil-mobil canggih mobil dua fungsi bisa didarat bisa juga diterbangkan,

Bidang Jasa Pengiriman Jasa pengiriman saat ini makin maju dalam hitungan jam barang sudah bisa sampai tujuan dan juga bisa di lacak keberadaan barang yang dalam proses pengiriman.

Bidang Bisnis Dalam bisnis, penggunaan teknologi diterapkan pada perdagangan secara elektronik berbasis  e-commerce yang sudah mendunia dan mudah di akses kapan saja di mana saja.

Bidang Perbankan bentuk  kemajuan pesat masa kini dengan kemajuan teknologi inustri berbangkan semakin maju seperti semakin berkembangnya fitur internet banking, mobile bangking

Dampak Negatif Teknologi bagi Kehidupan Manusia

Dengan pengaruh teknologi biasa terjadi pelanggaran hak cipta yang di lakukan  oleh mereka yang tidak bertanggung jawab yang hanya ingin menguntukan hidupnya sendiri karena merasa bahwa tidak terlacak oleh sistem.

Dengan pengaruh teknologi bisa muncul kejahatan Siber /Cyber Crime, Kejahatan seperti ini biasa dilakukan secara online dengan memanfaatkan kecanggihan dan penguasaan teknologi pada jaringan komputer. Sebagai contoh kejahatannya terjadinya pembajakan kartu kredit, penipuan berbasis online, pembobolan saldo apliklasi keuangan dan lainnya

Dampak Negatif juga dalam kehidupan manusia dari kemajuan teknologi ialah mudahnya di akses pornografi, perjudian online, dan penipuan-penipuan yang sering terjadi secara online.

Di ke emasan Teknologi sekarang banyak yang terjadi kejahatan seperti [penyebaran Malware yaitu  salah satu program komputer yang cara kerjanya mencari sisi kelemahan sebuah software bertujuan  untuk membobol dan  merusak sistem kerja menjadikan software rusak. Contoh dari malware ini adalah munculnya penyakit komputer atau eletronik mobile yaitu berbagai virus, berbahaya worm dan keylogger serta trojan juga spyware, dan masih banyak yang bermunculan seiring semakin munculnya teknologi baru.

Dampak Teknologi Dalam Bidang Agama Islam

Peningkatan Pendidikan Islam

Dengan teknologi media dapat Meningkatkan Akses terhadap berbagai Informasi yang berkaitan Keagamaan khusnya agama islam mengenai perkembangannya atau permasalahan yang sedang terjadi akan mudah di akses, dampak negatifnya kalau tidak hati bisa mengalami kegoncangan dalam pilihan karena saking banyaknya pilihan yang di tawarkan.

Dengan teknologi akan mudah kita akses konten video-vidio ceramah keagamaan islam seperti konten youtube. akan tetapi dampat negatifnya adalah bisa hilang norma norma dan nilai ahlakul karimah,  sopan santun akibat moral bangsa bisa terderai.

Dengan berkembangnya terknologi pencarian informasi seputar kajian ibadah mudah di peroleh, akan tetapi dampak negatinya kurang lagi minat baca pada buku-buku akhirnya hasil karya penulis tidak mendapatkan tempat di persaingan ekonomi.

Dengan Perkembangan teknologi siapa pun dengan mudah berbagi ilmu penegetahuan agama islam terhadap sesama muslim, dampak negatifnya adalah pendapat yang kurang benar sudah tersalurkan dan sudah di konsumsi oleh orang maka sudah tidak terbendung.

Sekian pembahasan ini mengenai dampak-dampak yang di timbulkan oleh keberadaan kecanggihan teknologi masa kini, giliran kita semua mau di arahkan kemana teknologi tersebut andalah yang akan memperoleh nilai dan maafaat dari terknologi itu sendiri. SEKIAN. Wallahu Wa'lam Bissawab Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hormat kami

 

Jumansur, S. Pd.I