Cara Mengurus KTP Rusak dengan Mudah

https://www.freepik.com/free-photo/top-view-green-card-application_30589017.htm#query=ktp%20rusak&position=4&from_view=search&track=ais

JUMANSUR.com – Apakah KTP Anda mengalami kerusakan? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan membahas cara- dengan mudah. KTP atau Kartu Tanda Penduduk adalah salah satu dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia. KTP berfungsi sebagai identitas resmi yang digunakan dalam berbagai keperluan seperti pembuatan , membuka rekening bank, dan lain sebagainya.

Jika KTP Anda mengalami kerusakan seperti , rusak, atau mencurigakan, Anda perlu segera mengurusnya agar tidak mengalami dalam berbagai urusan resmi. Berikut adalah yang dapat Anda lakukan untuk mengurus KTP rusak:

1. Membuat Laporan Kehilangan

Jika KTP Anda hilang, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat laporan kehilangan di kantor kepolisian terdekat. Bawa dokumen-dokumen pendukung seperti fotokopi KTP, surat pengantar dari kelurahan, dan dari RT/RW setempat. Setelah itu, Anda akan mendapatkan Surat Keterangan Kehilangan yang akan digunakan sebagai pengganti KTP rusak.

2. Mengurus KTP

Setelah Anda mendapatkan Surat Keterangan Kehilangan, langkah selanjutnya adalah mengurus penggantian KTP. Anda dapat pergi ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di wilayah Anda. Bawa dokumen-dokumen pendukung seperti Surat Keterangan Kehilangan, fotokopi KTP yang masih berlaku, KK (), dan akta kelahiran. Isi formulir pengajuan penggantian KTP dan serahkan dokumen-dokumen tersebut kepada petugas yang bertugas.

3. Proses Cetak KTP Baru

Setelah mengajukan penggantian KTP, Anda akan diberikan tanda bukti pengajuan. Proses cetak KTP baru biasanya memakan waktu beberapa minggu. Anda dapat mengunjungi kantor Disdukcapil setempat untuk mengecek status penggantian KTP Anda. Jika KTP baru Anda sudah selesai dicetak, Anda dapat datang ke kantor Disdukcapil untuk mengambilnya.

Demikianlah cara-cara mengurus KTP rusak dengan mudah. Penting untuk diingat bahwa mengurus KTP rusak harus dilakukan segera agar tidak menghambat berbagai urusan resmi Anda. Jangan lupa untuk membawa dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan dan mengikuti yang ditetapkan oleh pihak berwenang.