Dakwah  

5 Cara Mencari Dan Mengumpulkan Harta Yang Salah

Bismillahir Rahmaani Rahim

Asslamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

5 Kejelekan Dalam Mencari Harta

Jumansur.com- Selalu membiasakan memulai suatu aktifitas itu dengan atas nikmat Allah SWT, Dengan mengucapkan Alhamdulillah. Mengiri shalawat dalam rutinitas dalam kegiatan keseharian berarti sudah sadar akan selalu melibatkan Rasulullah sebagai dalam Allahummashalli wasallim wabarik alaihi.

Dalam keberlangsungan ummat manusia begita banyak keadaan atau aktifitas yang lakukan olehnya, maka ketiaka agama tidak hadir dalam mengarahkan dan menunjutkan jalan yang benar, maka tidak menutup kemunkinan manuasia itu bisa salah arah dalam mencari kebutuhan hudup.

Maka di pandang perlu untuk memberikan solusi sebagai jalan di dalam menggapai hasil yang memadai serta dengan yang benar, maka judul uraian kita pada tulisan ini adalah, 5 Cara Yang Salah Dalam Mencari Dan Mengumpulkan Harta

Pertama: AL ‘ANAA A FII JAM'IHI

“Payah Dalam Mengumpulkannya”

Jadi mencari harta sebanyak-banyaknya tidak salah yang salah itu ketika sampai mencari dan mengumpulkan harta dengan cara yang payah.

Maksudnya ialah gara-gara mencari dan mengumpulkan harta tidak lagi perhatikan kesehatannya, tidak peduli dengan keluarganya, sibuk yang tidak terkontrol, tidak peduli kebersihan dirinya, bahkan sering kali tertinggal bahkan sudah tidak lagi di kerjakannya.

Kedua: WASYSYGHLI ‘ANSDIKRILLAH BI ISHOLAAHIHI

“Sibuk Mengurusnya Hingga Lupa Allah SWT”

Termasuk pula cara yang tidak benar didalam mencari dan mengumpulkan harta jika sampai karena sibuk hal itu membuat lupa mengingat Allah.

Karena berzikir itu adalah salah satu bentuk menyertakan Allah dalam setiap langka dalam mencari dan mengumpulkan harta.

Ketiga: WAL KHAUFA MIN SALIBIHI WA SAARIFIHI

Merasa Di Cekam Ketakutan Dicuri Atau Dirampas Orang”

Jadi harta yang kita cari dan terkumpul itu sejatinya menjadikan hidup tenang dan menyenangkan, akan tetapi bila mana lantara harta yang sudah di kumpulkan menjadikan jiwa dan perasaan tidak tenang karena di hantui pencurian dan perampokan maka itu bertanda ada yang salah di dalam mengumpulkan harta tersebut.

Keempat:WAHTIMAALA ISMIL BAKHIILI LINAFSIHI

Haru Menanggung Sebutan Bakhil Yang Di tunjutkan Kepadanya”

Harta yang sudah di kumpulkan sewajarnya menjadikan hidup lebih dan menyenangkan banyak hamba Allah SWT, namun jika kenyataannya di sebut identitas bakhir atau kikir itu tandanya adalah perlalkuan yang salah dalam mengumpulkan harta.

Kelima: WAMUFAARAQATA SHSHOOLIHIINA MIN AJLIHI

” Menjauhi Orang-orang Sholeh Karena Takut Berpisah Dari Hartanya”

Terkadan karena sibuk mencari dan ketika sudah terkumpul harta tersbut membuat keadaan semakin merasa tidak butuh lagu dengan orang lain bahkan sampai menjauhkan diri dari karena takut harta itu di minta oleh ulama dengan dali bantuan.

Jadi kesalah dalam mencari dan mengumpulkan harta sehingga membuat menjauhkan diri dari para orang sholeh, pada dengan mendekat kepada mereka orang sholeh itu mejadikan harta yand dimilikinya itu bisa tepat sasaran dan membuat manfaat.

Demikian uraian ini semoga bermanfaat dan bernilai ibadah, Jauhi kelima siapat tersebut agar diri dan harta mendapat perlindungan dari Allah SWT.

 

Jumansur, Pd.i