Dakwah  

4 Macam Sumber Kebahagiaan Dalam Pandangan Islam

Jumansur.comРKarena manusia itu adalah makhluk ciptaan Allah maka semua yang ada pada manusia pada hakekatnya adalah Milik Sang Pencipta yaitu Allah SWT. Oleh karena itu agar pencipta Ridho kepada kita maka mari selalu bersyukur dengan mengucapka  Alhamdulillah.

Nabi Muhammad Adalah utusan Allah kepada seluruh untuk menyampaikan kebenaran dari Allah, maka sebagai ummat Rasulullah SAW yang baik adalah senang tiasa bershalawat dengan mengucapkan Allahummasholli, wasallim warik alaihi.

Pada kali ini akan membahas tentang 4 macam sumber dalam pandangan Islam,

Kalau sekiranya orang di beri pilihan tentang keberadaan hidupnya maka semua orang bakal memilih berkecukupan materi sekaligus beribadah dengan sempurna, namun ada yang di beri pilihan untuk berusaha merubah keadaan sendiri, dan ada juga keberadaan hidupnya tidak ada kesempatan untuk memilih.

Maka kesempatan kali ini Rasulullah SAW memberikan cerminan kepada ummatnya bahwa ciri-ciri orang yang memiliki kebahagian yang sesungguhnya paling tidak ada 4 tempat yang muncul kebaikan yang berberkah di dalamnya yaitu:

Pertama: ANTAKUUNA AZZAUJATUHUU SHSHOOLIHATU;

Mempunyai Istri yang sholehah”

Jadi kebahagian yang sesungguhnya itu ialah ketika seorang memiliki istri yang sholehah, begitupun sebaliknya kebahagiaan sesungguhnya ketika seorang wanita mendapatkan suami yang sholeh.

jadi dalam pandangan islam buka pangkat, jabatang yang di miliki laki-laki menjadi ukuran kebahagiaan, begitupun istri bukan memilki karirn yang bagus adalah sumber kebahagiaan yang sebenarnya, akan tetapi kebahagiaan yang paling idaman ialah ketika memiliki pasangan yang sholeh dan sholehah.

Kedua: WA AWULAADAHU ABRAARA

Memilki Yang berbakti”

Jadi setelah mendapatkan pasangan yang baik-baik maka selanjutnya berusaha memiliki keturunan, namun keturunan yang ada itu bisa menjadi sumber kebaikan, juga bisa menjadi jembatan dari .

Namun ketika kita berhasil mendapatkan anak yang berbakti di jalan yang di ridhoi oleh Allah maka itulah sumber kebahagiaan sesungguhnya yang kedua yang di idamkan semua orang.

Ketiga: WAKHULATHOOTUHUU SHOOLIHIINA

Mempunyai /Tetangga yang sholeh”

Mendapatkan pasangan yang baik dan anak yang berbakti akan bisa memililiki kelemahan bila mana dalam kelurga dan tetangga tidak akur atau damai.

Maka dari itu merupakan sumber kebahagiaan pula jika memilki keluarga dan tetanggan yang sholeh.

Keempat: WA AYYAKUUNA RIZQUHU FII BILAADIHI

Berada Rezkinya di kampung Sendiri”

Nah sumber kebahagiaan yang keempat itu ketika memilki sumber rezki berada di kampung di mana kita bertempat tinggal.

Karena ada orang meman baru bisa mendapatkan penghasilan ketika dia merantau dikampung orang hingga berjauhan dengan keluarga apalagi kalau sampai meninggalkan istri dan anaknya demi .

Jadi suatu meman sumber kebahaiagaan itu ketika kita memiliki pasangan yang sholeh, juga anak dan keturunan yang baik/berkabakti, serta memiliki keluarga dan tetangga yang dan damai, berikutnya di lengkapi dengan sumber rezkinya berada di kampung halaman sendiri.

Semoga kita semua di berikan 4 sumber kebahagiaan itu agar di dalam mejalankan rangkaian kepada Allah SWT, berjalan sebagaimana yang kita harapkan aamiin.

Wallahu Wa'lam Bissawaf

 

Jumansur, S. Pd.ih